06 – Mata Kuliah

Konsentrasi

Konsentrasi manajemen keuangan di sini untuk mempersiapkan mahasiswa untuk karir dalam fungsi manajemen keuangan, penganggaran modal, dan karir manajemen keuangan internasional. Fokus utama konsentrasi ini adalah pada penerapan fungsi keuangan dalam suatu perusahaan, pengelolaan kas dan surat berharga, pengelolaan sumber pembiayaan dan utang usaha, sistem keuangan dan penganggaran modal strategis, serta laporan analisis keuangan perusahaan.

Konsentrasi ini memberikan landasan yang kuat dalam menerapkan disiplin dasar (misalnya, psikologi, ekonomi, statistik) yang penting untuk memahami pola pembelian konsumen dan organisasi dan mengembangkan strategi pemasaran yang sukses. Mahasiswa memperoleh pengalaman praktis dalam menerapkan konsep dan metode ini melalui kursus mini setengah semester (misalnya, pengembangan produk baru, periklanan, dan ritel).

Konsentrasi manajemen sumber daya manusia mempersiapkan mahasiswa untuk memiliki keterampilan analitis dan interpersonal yang dibutuhkan guna membuat keputusan di bidang pekerjaan perusahaan. Dalam konsentrasi ini, mahamahasiswa akan diberikan pemahaman dan diajak berpikir kritis tentang ketenagakerjaan, hukum ketenagakerjaan, dan lingkungan kerja.

Konsentrasi Manajemen Operasi memberikan kesempatan bagi mahamahasiswa untuk belajar bagaimana merancang, merencanakan, mengontrol, mengkoordinasikan, dan meningkatkan proses bisnis, sistem dan sumber daya produk dan layanan. Manajemen Operasi akan memandu mahasiswa untuk memecahkan masalah menggunakan alat kuantitatif.

Program ini akan membekali mahasiswa dengan konsep manajemen investasi. Fokus program ini adalah investasi di bidang keuangan, baik investasi jangka panjang maupun jangka pendek. Investasi jangka panjang berkaitan dengan investasi dengan jangka waktu lebih dari satu tahun, sedangkan investasi dengan jangka waktu kurang dari satu tahun. Dengan demikian, mahasiswa akan mengetahui dan memahami cara menghitung harga surat berharga tersebut dengan menggunakan metode analisis fundamental dan teknikal sehingga lulusannya akan menjadi analis surat berharga/surat berharga yang handal.

Jurusan ini dirancang bagi mahasiswa yang tertarik untuk memulai bisnis baru (kewirausahaan), membantu organisasi yang ada untuk mengembangkan peluang bisnis baru (intrapreneurship), atau menciptakan dampak sosial yang positif melalui pengembangan usaha baru (kewirausahaan sosial).

Konsentrasi ini akan memungkinkan siswa untuk mengeksplorasi aktivitas bisnis yang terjadi antara orang dan organisasi di seluruh dunia. Kombinasi dari seperangkat keterampilan disiplin dan internasional membantu memastikan bahwa siswa memiliki kedalaman fungsional dan pola pikir global untuk karir yang bermakna dengan perusahaan yang kegiatannya melampaui batas nasional.

Rencana Pembelajaran

Semester #1

Pendidikan Agama Islam
Pendidikan Agama Kristen 
Pendidikan Agama Katolik
Pendidikan Agama Hindu
Pendidikan Agama Budha
Pendidikan Agama Konghucu
Bahasa Indonesia
Olahraga
 
Pengantar Manajemen

Mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar manajemen, fungsi – fungsi dalam manajemen serta   penerapannya dalam organisasi / perusahaan. Terdiri dari 3 SKS yang dirangkum menjadi 14 pertemuan dan 2 kali ujian. Setelah menyelesaikan mata kuliah ini mahasiswa akan dapat menjelaskan konsep dasar manajemen, fungsi –   fungsi dalam manajemen serta penerapannya dalam  organisasi / perusahaan.

Bahan Kajian/ Pokok Bahasan nya meliputi, konsep dasar manajemen, ruang lingkup dan pengertian manajemen, mengapa manajemen dibutuhkan, manajemen sebagai ilmu, seni, dan profesi, pengertian yang berbeda dengan manajemen, aplikasi-aplikasi dari istilah manajemen, manajer serta perkembangannya, tingkatan manajemen, fungsi manajer, fungsi manajemen, penggunaan waktu & keterampilan manajer,.perkembangan awal teori manajemen,teori klasik, aliran hubungan manusiawi, aliran manajemen modern, perkembangan manajemen di masa mendatang, manajer dan lingkungan eksternal organisasi, faktor lingkungan eksternal organisasi, lingkungan eksternal mikro, lingkungan eksternal makro, organisasi & lingkungan, tanggung jawab sosial manajer, proses Perencanaan, pengertian perencanaan, empat tahap dasar perencanaan, hubungan perencanaan dengan fungsi manajemen lainnya, tipe-tipe perencanaan strategi dan rencana sekali pakai, kelebihan dan kelemahan perencanaan strategi, hambatan-hambatan dan kriteria penilaian, penetapan tujuan Organisasi, Misi dan berbagai tujuan organisasi, tipe – tipe tujuan dan proses penetapan tujuan, bidang – bidang tujuan dan pengembangan tujuan, perumusan tujuan dan management by objectives (MBO), kekuatan dan kelemahan MBO dan membuat MBO yang efektif Pembuatan Keputusan, tipe keputusan, proses pembuatan keputusan, berbagai gaya pembuatan keputusan, metode-metode kuantitatif dalam pembuatan keputusan, Pengertian organisasi, Pembagian kerja, Bentuk-bentuk bagan matriks, Organisasi proyek dan matriks, Kelompok-kelompok kerja formal organisasi, Kegunaan/kerugian panitia dan organisasi informal, Koordinasi dan Rentang Manajemen, Rentang, jumlah rentang yang ideal Rentang manajemen dan tingkatan organisasi.

Pegantar Bisnis

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah dasar (wajib) pada progam studi S-1 Manajemen. Mata Kuliah ini membahas tentang Bisnis (perusahaan), peran, dan berbagai faktor lingkungan yang berpengaruh terhadap bisnis, Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (CSR) serta pelaksanaan aktivitas manajemen di perusahaan atau organisasi. Mata kuliah ini ditekankan pada pembahasan mengenai konsep dasar dan ruang lingkup manajemen dan organisasi serta konsep dasar dan fungsi-fungsi utama (operasional) bisnis yang meliputi sumber daya manusia, pemasaran, keuangan dan operasi. Mahasiswa mampu menguasai konsep tentang bisnis (perusahaan), menghayati tujuan, fungsi dan nilai-nilai yang terkandung dalam organisasi bisnis, memiliki keterampilan dalam memecahkan masalah-masalah yang dihadapi oleh perusahaan dalam bentuk karya ilmiah yang dipresentasikan di depan kelas. Terdiri dari 3 SKS yang dirangkum dalam 14 pertemuan dan 2 kali ujian.

Bahan Kajian / Pokok Bahasan meliputi, Ilmu ekonomi  bisnis serta tujuan organisasi Bisnis, Corporate Social Responsibility (CSR), Perusahaan sebagai suatu sistem, sifat dan jenis lingkungan, Variabel-variabel yg dipertimbangkan dalam pemilihan bentuk-bentuk perusahaan, Bentuk-bentuk perusahaan secara yuridis, Manajemen dan fungsi-fungsi manajemen organisasi dan struktur organisasi, Manajemen sumber daya manusia, Manajemen pemasaran, Manajemen Operasi,  Manajemen keuangan, Akuntansi perusahaan, Penganggaran perusahaan, dan Akuntansi biaya. 

Matematika Bisnis

Mata kuliah ini mencakup peninjauan kembali tentang statistika deskriptif khususnya rata-rata hitung, varians, dan deviasi standar. Refreshing probabilita dan distribusi probabilita, estimasi, pengujian hipotesis. Pengujian hioptesis meliputi uji Z, uji t, dan uji F. Pengenalan ekonometrika meliputi regresi sederhana dan berganda. Analisis multivariat meliputi analisis factor, manova, dan model persamaan struktural. Setelah mengikuti mata kuliah diharapkan mahasiswa mampu mengaplikasikan berbagai teknik analisis statistika untuk melakukan prediksi, estimasi parameter bisnis dan pengujian hipotesis. Bahan Kajian/ Pokok Bahasannya meliputi, Pendahuluan dan statistika deskriptif, Probabilita estimasi, Parameter pengujian hiotesis terhadap rata-rata dan proporsi analsis varians (ANOVA), Analisis korelasi, analisis regresi, Analisis regresi berganda, Model OLS, LPM dan logit model,  Persamaan simultan, Analisis factor tekinik, Analisis diskriminan, Analisis varian, Multivariat (MANOVA), Analisis klaster, Analisis model, dan Persamaan struktural.

Mahasiswa akan mempelajari dan menguasai kemampuan akhir pada setiap tahap pembelajaran, termasuk pemahaman konsep rata-rata, varians, dan deviasi standar serta penerapan tabel-tabel statistika, estimasi parameter, pengujian hipotesis, dan Uji-Z dan Uji-t. Selain itu, mereka juga akan memiliki keterampilan dalam melakukan Uji-F pada berbagai kondisi dan menghitung korelasi serta melakukan interpretasinya. Kemampuan akhir lainnya meliputi analisis regresi, pemahaman model persamaan simultan, analisis faktor, analisis diskriminan, MANOVA, algoritma klaster, dan model persamaan struktural.

Pengantar Ekonomi Mikro 

Mata kuliah ini membahas tentang ruang lingkup pengantar ekonomi yang ditujukan untuk para calon manajer. Keterampilan Umumnya meliputi, Menerapkan ilmu pengetahuan dan / atau teknologi di bidang keahliannya melalui penalaran ilmiah berdasarkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif, Mengambil keputusan secara tepat berdasarkan analisis dalam melakukan supervisi dan evaluasi terhadap pekerjaan yang menjadi tanggung jawabnya.Keterampilan Khusus yaitu, Mampu mengidentifikasi dan menganalisis masalah-masalah ekonomi, Mampu memberi rekomendasi kebijakan di bidang ekonomi. Memiliki kemampuan komunikasi lisan dan tulisan dengan baik, Menguasai teori ekonomi yang terkait dengan isu-isu ekonomi global, nasional, dan lokal.

Bahan Kajian / Pokok Bahasan meliputi, Pengertian ekonomi, munculnya ilmu ekonomi, Metode berpikir ekonomi dan pembagian ilmu ekonomi, Pengertian permintaan dan penawaran, Mekanisme pasar, dan aplikasinya, Pengertian teori konsumsi, Pendekatan kardinal dan ordinal serta aplikasinya, Pengertian elastisitas, Jenis elastitas, serta aplikasinya, Pengertian produksi, Jangka waktu analisis, Produksi dengan satu input variabel , Dua input variabel dan aplikasinya, Pengertian tentang biaya produksi, Jenis dan aplikasinya, Pengertian umum tentang struktur pasar, khususnya ciri-ciri pasar persaingan sempuna dan aplikasinya, Perilaku pasar monopoli, Pasar persaingan monopolistis , oligopoli, dan Campur tangan pemerintah untuk mengurangi kerugian masyarakat, Pendapatan nasional, Faktor-faktor pendukung, Peran masyarakat di dalam menyumbang pendapatan nasional, Pembentukan investasi dan elemen investasi, Perhitungan pajak di dalam perhitungan pendapatan nasional, Kurva I-S, Motif melakukan permintaan akan uang dan melakukan penawaran uang, serta Kurva L-M.

Pengantar Akuntansi 1

Mata kuliah ini membahas tentang pengertian dasar dan proses akuntansi yang terdapat pada perusahaan jasa, dagang, dan manufaktur. Capaian pembelajaran pada mata kuliah ini adalah menguasai dan terampil dalam menggunakan teknik-teknik pencatatan akuntansi serta menyusun laporan keuangan untuk perusahaan jasa, dagang, dan pabrik. Selain itu, mahasiswa juga diharapkan memahami konsep, prinsip, prosedur, dan teknik pencatatan akuntansi untuk semua tahapan dalam laporan keuangan. Terakhir, mahasiswa juga diharapkan memahami dan terampil menangani masalah-masalah khusus dalam bidang akuntansi untuk perusahaan yang berbentuk persekutuan, perseroan terbatas, dan koperasi.

Pokok Bahasan dan Sub Pokok Bahasan meliputi, Pengantar Akuntansi dan Bisnis, Jenis-Jenis Bisnis,  Peran Akuntansi dalam Bisnis, Peluang bagi Akuntan, Konsep entitas bisnis, Persamaan Akuntansi, Transaksi Bisnis dan persamaan akuntansi, Menganalisis Transaksi, Menggunakan Akun untuk Mencatat Transaksi, Bagan Akun, Akuntansi Entri Ganda sistem, Saldo Normal, Menjurnal Menganalisis Transaksi, Memposting entri Jurnal ke rekening, Neraca Saldo, Kesalahan mempengaruhi neraca saldo , Kesalahan tidak mempengaruhi neraca saldo Proses Penyesuaian, Jenis Akun yang membutuhkan penyesuaian, Jurnal Penyesuaian, Trial Balance, Melengkapi Siklus Akuntansi , Arus Informasi Akuntansi, Laporan Laba Rugi , Laporan Perubahan Ekuitas , Laporan Posisi Keuangan, Entri Penutup, Neraca Saldo Setelah Penutupan, Analisis dan Interpretasi Keuangan, Sistem Akuntansi Dasar, Jurnal Pendapatan , Jurnal Penerimaan Kas , Buku Besar Pembantu Piutang Usaha Sistem Akuntansi , Jurnal Pembelian, Jurnal Pembayaran Tunai, Buku Besar Pembantu Utang Usaha, Sistem Komputerisasi, Akuntansi Barang Dagangan, Jurnal Penyesuaian dan Penutup Mengerjakan soal komprehensif untuk perusahaan dagang dengan sistem perpetual.

Semester #2

Pancasila dan Kewarganegaraan
 
Internet of Things (IoT)

Mata kuliah ini memberikan pemahaman tentang berbagai aspek manajerial terkait dengan penggunaan dan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pengambilan keputusan bisnis pada setiap tingkatan manajemen, menganalisis kebutuhan informasi bagi manajemen, serta  mampu menjelaskan bagaimana perusahaan bisnis menggunakan teknologi informasi untuk mencapai tujuan perusahaan. Bahan Kajian/ Pokok Bahasan meliputi, Fungsi dan peranan sistem informasi manajemen dalam mendukung operasi bisnis, Konsep-konsep dasar sistem informasi, sistem informasi manajemen Peran Strategik, Sistem Informasi Infrastruktur, Teknologi Informasi, Manajemen Data, Telekomunikasi dan Jaringan E-Commerce dan E-Business, Isu-isu Etika, sosial dan politik dalam sistem informasi, Aplikasi Sistem Informasi, Fungsi-Fungsi Organisasi, Aplikasi Sistem Informasi di Level-Level Organisasi, Manajemen Pengetahuan, Pengembangan Sistem Informasi, Pengendalian Sistem, Mengelola Sistem Informasi Global.

Mata kuliah sistem informasi bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan pemahaman tentang peran sistem informasi manajemen dalam mendukung operasi bisnis dan mencapai keunggulan kompetitif. Mahasiswa diharapkan mampu mengidentifikasi perangkat keras dan lunak yang digunakan dalam sistem informasi, mengerti konsep data dan informasi serta pengelolaan data menggunakan sistem manajemen database. Selain itu, mereka diharapkan mampu menganalisis isu-isu etika, sosial, dan politik dalam penggunaan sistem informasi, mengevaluasi aplikasi sistem informasi dalam organisasi, serta menganalisis nilai bisnis dari aplikasi jaringan telekomunikasi dan sistem pembayaran elektronik di bisnis. Kemampuan untuk mengerti pengamanan dan pengendalian sistem serta sumber daya informasi perusahaan dan bagaimana sistem informasi dapat mendukung penerapan strategi bisnis global juga harus dikuasai oleh mahasiswa.

Bahasa Inggris (English for Business)
 
Manajemen Sains

Mata kuliah mencakup bahasan mengenai teknik dan proses Matematis yang sering diaplikasikan pada bidang ekonomi dan bisnis. Bahasan matematis itu meliputi tinjauan ulang matematika dasar dan skill matematika bisnis dengan penekanan pada aljabar, matematika diskrit, dan kalkulus. Jadi pada dasarnya matakuliah ini menjelaskan aplikasi dan penggunaan matematika pada bidang ekonomi dan bisnis dan bukan berorientasi pada penjelasan matematika murni ataupun matematika teoritis.

Pokok Bahasannya meliputi, Tinjauan Ulang Aljabar, Persamaan dengan Satu Variabel, Sistem Persamaan Fungsi dan Grafik, Fungsi Logaritma dan Eksponensial, Deret dan Matematika Keuangan, Aljabar Matriks Invers dan Determinan Matriks, Solusi Sistem Persamaan Menggunakan Matriks, Linear Programming, Derivatif Menghitung, Derivatif Differensial, Integral Kalkulus Lanjut.

Statistika Bisnis

Mata kuliah ini mencakup peninjauan kembali tentang statistika deskriptif khususnya rata-rata hitung, varians, dan deviasi standar, refreshing probabilita dan distribusi probabilita, estimasi, pengujian hipotesis. Pengujian hioptesis meliputi uji Z, uji t, dan uji F, Pengenalan ekonometrika meliputi regresi sederhana dan berganda, Analisis multivariat meliputi analisis factor, manova, dan model persamaan struktural. 

Bahan Kajian/ Pokok Bahasan meliputi, Pendahuluan dan Statistika Deskriptif dan Probabilita Estimasi Parameter, Pengujian Hipotesis terhadap rata-rata dan Proporsi Analsis Varians (ANOVA), Analisis Korelasi, Analisis Regresi Analisis Regresi Berganda Model OLS, LPM dan Logit Model, Persamaan Simultan, Analisis Factor, Teknik Analisis Diskriminan, Analisis Varian Multivariat (MANOVA), Analisis Klaster, Analisis Model, Persamaan Struktural.

Pengantar Ekonomi Makro

Mata kuliah ini membahas tentang ruang lingkup pengantar ekonomi yang ditunjukan untuk para calon manajer. Keterampilan Khusus meliputi, Mampu mengidentifikasi dan menganalisis masalah-masalah ekonomi, Memberi rekomendasi kebijakan di bidang ekonomi, Memiliki kemampuan komunikasi lisan dan tulisan dengan baik, serta Menguasai teori ekonomi yang terkait dengan isu-isu ekonomi global, nasional, dan lokal.

Bahan Kajian / Pokok Bahasan meliputi, Pengertian Ekonomi, Munculnya Ilmu Ekonomi, Metode Berpikir Ekonomi dan Pembagian Ilmu Ekonomi, Pengertian Permintaan dan Penawaran, Mekanisme Pasar, dan Aplikasinya, Pengertian Teori Konsumsi, Pendekatan Kardinal dan Ordinal dan Aplikasinya, Pengertian Elastisitas, Jenis Elastitas, dan Aplikasinya, Pengertian Produksi, Jangka Waktu Analisis, Produksi dengan Satu Input Variabel , Dua Input Variabel, Pengertian tentang Biaya Produksi, Jenis dan Aplikasinya, Pengertian umum tentang Struktur Pasar, khususnya Ciri-ciri Pasar Persaingan Sempuna dan Aplikasinya, Membahas Perilaku Pasar Monopoli, Pasar Persaingan Monopolistis , Oligopoli, dan Campur Tangan Pemerintah untuk mengurangi Kerugian Masyarakat, Membahas Pendapatan Nasional, faktor-faktor pendukung, peran masyarakat di dalam menyumbang Pendapatan Nasional, Membahas pembentukan investasi dan elemen investasi, Membahas perhitungan pajak di dalam perhitungan, Pendapatan Nasional, Membahas terbentuknya kurva I-S, Membahas motif melakukan permintaan akan uang dan melakukan penawaran uang, Membahas terbentuknya Kurva L-M.

Pengantar Akuntansi 2

Membahas tentang pengertian dasar dan proses akuntansi yang terdapat pada perusahaan jasa.dagang dan manufaktur. Pokok Bahasannya meliputi, 
Pengantar Akuntansi dan Bisnis, Menganalisa Transaksi, Proses Penyesuaian, Sistem Akuntan, Akuntansi untuk Bisnis Merchandising, Jurnal penyesuaian dan penutup, Mengerjakan soal komprehensif untuk perusahaan dagang dengan sistem perpetual.

Mahasiswa yang mengambil mata kuliah Pengantar Akuntansi II diharapkan memiliki kemampuan akhir yang mampu menjelaskan jenis entitas usaha, tujuan akuntansi, profesi akuntansi, standar akuntansi, persamaan dasar akuntansi, serta beberapa contoh transaksi dan laporan keuangan sederhana. Selain itu, mahasiswa harus mampu memahami saldo normal dari akun-akun, membuat jurnal, proses posting, dan membuat neraca saldo sebelum dan setelah penyesuaian. Mahasiswa juga harus mampu membuat ayat jurnal penyesuaian dan penutup, dan melakukan analisis keuangan dengan interpretasi working capital dan current ratio. Kemampuan lain yang harus dimiliki mahasiswa adalah mampu menganalisis transaksi dan membuat laporan keuangan untuk perusahaan jasa dan dagang, serta membedakan sistem akuntansi manual, special journal, subsidiary ledger, dan sistem terkomputerisasi. Selanjutnya, mahasiswa harus mampu melakukan pencatatan akuntansi dalam sistem perpetual dan periodic, serta menyelesaikan kasus yang terkait dengan siklus akuntansi dalam satu periode akuntansi untuk perusahaan dagang.

Semester #3

Sejarah Pemikiran Manajemen

Mata kuliah ini membahas sejarah, asal-usul pemikiran manajemen modern, latar belakang sosial budaya, ekonomi dan politik serta gagasan-gagasan para tokoh manajemen modern, dan landasan filosofis konsep-konsep dan teori manajemen modern. Setelah menyelesaikan mata kuliah ini mahasiswa akan dapat menjelaskan menganalisis berbagai faktor yang mendorong dan melandasi munculnya konsep dan teori manajemen modern.

Pokok Bahasannya meliputi, Manajemen sebelum industrialisasi dan di awal revolusi industri, Revolusi Industri di Inggris/Eropa, Revolusi Industri di Amerika, Pertumbuhan industri dan manajemen sistematis, Kemajuan manajemen saintifik dan pencarian effisiensi faktor Manusia, Kemunculan teori manajemen organisasi, Manajemen saintifik dalam teori dan praktek, Studi hawthorne & integrasi organisasional, Kelahiran teori manajemen & periaku organisasi, Paradigma dominan dalam studi manajemen, Hakekat manusia dalam manajemen, Berbagai madzab dalam manajemen modern, Konsep bisnis dan etika bisnis, Manajemen di negara-negara berkembang, Manajemen di negara-negara berkembang, Manajemen di masa yang akan datang.

Secara umum, dalam mempelajari mata kuliah Sejarah Pemikiran Manajemen, mahasiswa diharapkan dapat menguasai kemampuan akhir untuk menganalisis evolusi pemikiran manajemen dari zaman kuno hingga era modern. Selain itu, mahasiswa juga diharapkan dapat memahami teori-teori manajemen klasik, neo-klasik, dan modern, serta dapat mengidentifikasi kontribusi para ahli dalam pengembangan teori manajemen. Kemampuan untuk memahami pengaruh konteks sosial, politik, dan ekonomi dalam pengembangan teori manajemen, serta mampu menerapkan konsep dan teori tersebut dalam situasi manajemen kontemporer, termasuk dalam konteks global, juga menjadi kemampuan akhir yang harus dikuasai mahasiswa.

Manajemen Pemasaran I

Manajemen Pemasaran adalah merupakan alat analisis, perencanaan, penerapan, dan pengendalian program yang dirancang untuk menciptakan, membangun, dan mempertahankan pertukaran yang menguntungkan dengan target pasar sasaran dengan maksud untuk mencapai tujuan utama perusahaan yaitu memperoleh laba.

Bahan Kajian/ Pokok Bahasannya meliputi, Mengembangkan strategi dan rencana pemasaran, Mengumpulkan informasi, Memindai lingkungan, Melaksanakan riset pemasaran dan meramalkan pemasaran, Menciptakan nilai, kepuasan, dan loyalitas pelanggan, Menganalisis pasar konsumen dan bisnis, Mengidentifikasi segmen dan target pasar, menciptakan ekuitas merek dan membentuk positioning merek, Menghadapi persaingan strategi produk, Merancang dan mengelola jasa, Mengembangkan strategi dan program penetapan harga, Merancang dan mengelola saluran pemasaran terintegrasi, Mengelola komunikasi masal: iklan, promosi penjualan, acara dan pengalaman, serta hubungan masyarakat, Memperkenalkan penawaran pasar baru masuk ke dalam pasar global, Mengelola organisasi pemasaran holistik untuk jangka panjang.

Program ini bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan berbagai strategi dan rencana pemasaran. Mulai dari mengumpulkan informasi, riset pemasaran, hingga menganalisis pasar konsumen dan bisnis. Selain itu, mahasiswa akan mempelajari cara menciptakan nilai, kepuasan, dan loyalitas pelanggan, serta mengembangkan strategi produk, penetapan harga, dan saluran pemasaran terintegrasi. Mereka juga diajarkan tentang proses menciptakan ekuitas merek, positioning merek, dan mengelola komunikasi masal. Mahasiswa diharapkan mampu memperkenalkan penawaran pasar baru, menganalisis rintangan di pasar global, dan mengelola organisasi pemasaran holistik untuk jangka panjang. Setelah menyelesaikan program ini, diharapkan mahasiswa memiliki kemampuan yang memadai untuk sukses di bidang pemasaran.

Manajemen Keuangan I

Mata kuliah manajemen keuangan memberikan dan membekali mahasiswa konsep dasar tentang fungsi manajemen keuangan, sumber dana jangka pendek, perencanaan dan pengambilan keputusan jangka pendek, penggunaan dana jangka pendek untuk investasi pada modal kerja, manajemen kas dan surat berharga, manajemen piutang, manajemen persediaan, penganggaran modal, biaya modal dan struktur modal, serta analisis laporan keuangan.

Bahan kajian dalam manajemen keuangan meliputi fungsi dan peran manajemen keuangan, analisis dan diagnostik laporan keuangan, manajemen modal kerja, manajemen kas dan sekuritas, manajemen piutang, manajemen persediaan, perencanaan perusahaan jangka pendek dengan analisis biaya, volume, dan laba atau analisis break even point, estimasi arus kas investasi jangka panjang, teknik penilaian investasi jangka panjang seperti average rate of return (ARR), payback period, net present value, profitability index, dan internal rate of return, capital rationing, sumber pendanaan jangka pendek, biaya modal (cost of capital), dan struktur modal (capital structure).

Mahasiswa diwajibkan untuk menguasai berbagai aspek setelah mengikuti kuliah manajemen keuangan ini. Mereka harus dapat memahami pentingnya manajemen keuangan dalam memaksimumkan nilai perusahaan dan kepentingan pemegang saham, serta mampu menganalisis kinerja perusahaan dan mengidentifikasi kesalahan kebijakan keuangan. Selain itu, mahasiswa juga harus dapat menguasai topik-topik seperti pengelolaan modal kerja dan kas, pengelolaan piutang, manajemen persediaan, analisis break-even point, estimasi arus kas investasi jangka panjang, teknik penilaian investasi, sumber pendanaan, biaya modal, dan struktur modal. Dengan kemampuan ini, mahasiswa diharapkan dapat mengambil keputusan keuangan yang tepat untuk mencapai tujuan perusahaan.

Manajemen Sumber Daya Manusia I

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa Fakultas Ekonomi. Mata kuliah ini bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan, wawasan dan keterampilan tentang proses, mekanisme, prosedur dan strategi manajemen sumber daya manusia pada umumnya. Materi pembahasan meliputi: Pentingnya MSDM dalam organisasi, Teori, Konsep, Ruang Lingkup dan Tantangan dalam Manajemen Sumber Daya Manusia, Peraturan Perundangan dalam Ketenagakerjaan, Analisis Pekerjaan, Perencanaan Sumber Daya Manusia, Rekruitmen, Seleksi dan Penempatan Sumber Daya Manusia, Pengembangan Sumber Daya Manusia (Trainning dan Development) Penilaian Kinerja, Karir Pegawai, dan Sistem Konpensasi, Manajemen Lingkungan kerja dan Kesehatan Pegawai, Motivasi, produktivitas dan kualitas kerja. Selain itu, mata kuliah ini juga membahas tentang perkembangan kontemporer MSDM di lingkup organisasi bisnis.

Mahasiswa akan mencapai beberapa tujuan pembelajaran dalam mata kuliah Manajemen Sumber Daya Manusia. Mereka akan mendapatkan pemahaman tentang konsep dan teori MSDM serta tantangan yang muncul dalam mengimplementasikannya di organisasi. Selain itu, mahasiswa akan belajar tentang peraturan ketenagakerjaan dan melakukan analisis pekerjaan, perencanaan, rekruitmen, seleksi, dan penempatan SDM. Selama kuliah, mahasiswa akan diberikan pengajaran tentang pengembangan SDM melalui pelatihan dan pengembangan, penilaian kinerja, karir pegawai, dan sistem kompensasi. Mereka juga akan mempelajari manajemen lingkungan kerja dan kesehatan pegawai dalam konteks organisasi bisnis serta isu-isu kontemporer yang terkait dengan MSDM. Selesai mengikuti kuliah ini, mahasiswa diharapkan memiliki pemahaman yang kuat tentang MSDM dan mampu mengimplementasikan konsep-konsep tersebut di dalam organisasi.

Manajemen Operasi I

Mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar MO dan peranan MO dalam  menciptakan keunggulan bersaing untuk memenangkan persaingan bisnis. Bahan kajian ini membahas ruang lingkup Manajemen Operasi (MO) yang mencakup pengertian MO, sejarah, sistem operasi, serta kaitannya dengan fungsi lain dalam perusahaan. Selain itu, juga membahas tentang produktivitas dan strategi operasi di era globalisasi, perencanaan produk baru dan reliabilitas, strategi proses, perencanaan kapasitas, strategi lokasi, strategi layout, manajemen kualitas, manajemen persediaan, model persediaan untuk independent demand, perencanaan agregat, penjadwalan, maintenance management, dan pengukuran kerja. Dalam MO, pentingnya memperhatikan kualitas dan reliabilitas produk juga dibahas, serta teknik pengukuran kerja seperti standar tenaga kerja, studi waktu, dan sampling pekerjaan.

Mahasiswa akan mempelajari konsep dasar Manufaktur dan Operasi (MO) serta sejarah dan perkembangannya, mengerti tantangan dan strategi operasi dalam globalisasi, serta memahami siklus hidup produk dan proses merencanakan produk baru. Selain itu, mahasiswa akan belajar tentang kapasitas dan jenis-jenisnya, strategi lokasi dan layout yang baik, fungsi persediaan dan model persediaan. Mahasiswa juga akan mempelajari perencanaan agregat, penjadwalan dan jenis-jenisnya, perawatan peralatan operasi dan reliabilitas, serta cara menentukan standar tenaga kerja. Dengan kemampuan ini, mahasiswa diharapkan dapat menerapkan konsep MO dalam industri dan jasa, serta memecahkan masalah terkait dalam perusahaan.

Statistika Bisnis II

Pengenalan mengenai alat-alat statistik dan aplikasinya dalam proses pengambilan keputusan dalam manajemen. Setelah menyelesaikan mata kuliah ini mahasiswa akan dapat menjelaskan berbagai macam alat-alat statistik dan ekonometri dalam proses pengambilan keputusan manajemen meliputi, Probabilitas, distribusi teoritis, prediksi dan pengujian hipotesis secara univariat maupun secara multivariate dengan memperhatikan kelayakan statistik.

Pokok bahasan dalam mata kuliah Statistika bisnis II meliputi beberapa topik, seperti Teori Probabilitas, Statistik Non Parametrik, Distribusi Normal, Analisis Variansi, dan Estimasi Univariat. Selain itu, juga terdapat topik mengenai Laboratorium Statistik, di mana mahasiswa akan mempelajari tentang deskripsi data, pengujian hipotesis univariat, analisis korelasi, serta analisis regresi sederhana dan multiple regresi. Dalam analisis multiple regresi, terdapat beberapa asumsi yang harus dipenuhi, seperti asumsi klasik, normalitas, dan kesamaan variance. Oleh karena itu, mahasiswa akan mempelajari pengujian asumsi klasik, normalitas, dan kesamaan variance. Selain itu, terdapat pula laboratorium computer untuk memperdalam pemahaman mengenai Statistik Inferensial.

Mata kuliah statistika bisnis II memiliki tujuan untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan dalam bidang statistik yang diperlukan untuk analisis data bisnis. Setelah mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan konsep probabilitas dan keterkaitan data dalam tabulasi silang. Mahasiswa juga harus memahami distribusi normal, analisis variance, dan estimasi univariat untuk melakukan prediksi dari satu variabel. Selain itu, praktikum akan membantu mahasiswa mengolah dan menjelaskan data yang telah diolah dengan komputer. Mata kuliah ini juga akan membahas fungsi dan struktur organisasi, serta hubungan dan kausalitas antara dua variabel. Mahasiswa diwajibkan untuk melakukan penghitungan parameter regresi, asumsi dalam multiple regresi, dan pengujian normalitas serta kesamaan variance. Terakhir, mahasiswa akan diajarkan bagaimana melakukan pengujian kelayakan model dan pengujian hipotesis. Dengan pemahaman dan keterampilan tersebut, mahasiswa akan siap untuk menganalisis data bisnis dengan lebih akurat dan efektif.

Akuntansi Biaya

Mata kuliah ini membekali pengetahuan dan keterampilan mahasiswa dimana mahasiswa dapat belajar tentang prinsip-prinsip biaya dan metode-metode untuk menentukan harga pokok produksi. Mahasiswa dapat menggunakan metode-metode penentuan harga pokok produksi sebagai materi penulisan ilmiah atau mengimplementasikan pada aktivitas usaha nyata. Mahasiswa diharapkan juga dapat menganalisis dan melakukan pengendalian biaya sehingga biaya yang dikeluarkan tidak menyimpang dari yang dianggarkan.Mata kuliah ini membekali pengetahuan dan keterampilan mahasiswa dimana mahasiswa dapat belajar tentang prinsip-prinsip biaya dan metode-metode untuk menentukan harga pokok produksi. 

Mata kuliah ini membahas tentang Akuntansi Biaya dan Pengertian Biaya, yang meliputi konsep biaya dan pengertian dari biaya itu sendiri. Selain itu, juga membahas tentang metode harga pokok pesanan dan metode harga pokok proses sebagai metode yang digunakan untuk menghitung harga pokok produksi. Materi pembelajaran juga mencakup penentuan harga pokok variabel, biaya overhead pabrik, dan departementalisasi biaya overhead pabrik. Selain itu, mahasiswa juga akan mempelajari tentang biaya bahan baku dan biaya tenaga kerja serta harga pokok produk bersama dan produk sampingan. Dalam konteks sistem biaya, terdapat pembahasan mengenai sistem biaya taksiran dan sistem biaya standar yang digunakan dalam pengukuran biaya produksi.

Mahasiswa yang menyelesaikan mata kuliah ini akan memiliki kemampuan untuk menjelaskan dan mengklasifikasikan berbagai macam biaya, membedakan metode pengumpulan biaya, serta mengkalkulasi biaya menggunakan berbagai metode. Selain itu, mereka akan memahami teori dan konsep terkait Biaya Overhead Pabrik, Biaya Bahan Baku dan Biaya Tenaga Kerja, serta Harga Pokok Produk Bersama dan Produk Sampingan. Mahasiswa juga harus mengkaji tentang Sistem Biaya Taksiran dan Sistem Biaya Standar, dan mampu mengevaluasi selisih biaya taksiran dan biaya standar. Dengan demikian, mahasiswa akan memiliki kemampuan yang kuat dalam mengkalkulasi biaya produksi dan mengevaluasi efisiensi biaya pada suatu perusahaan.

Semester #4

Akuntansi Manajemen

Mata kuliah ini berisi konsep dan elemen-elemen dasar akuntansi manajemen, serta penggunaan informasi akuntansi untuk tujuan internal organisasi dalam pengambilan keputusan. Mata kuliah ini secara umum menjelaskan bagaimana menggunakan informasi akuntansi untuk tujuan manajemen yang efektif. Materi mata kuliah akuntansi manajemen ini termasuk didalamnya membahas baik pendekatan tradisional dan kontemporer dalam akuntansi manajemen. 

Bahan kajian atau pokok bahasan dalam akuntansi manajemen meliputi peran informasi akuntansi manajemen dalam organisasi, karakteristik akuntansi untuk kepentingan manajemen, konsep dasar akuntansi manajemen, dan profesi akuntansi dalam organisasi. Selain itu, juga terdapat pengajaran mengenai penganggaran untuk perencanaan dan pengendalian, alat pengendalian manajemen, desentralisasi dengan pusat pertanggungjawaban, penilaian kinerja dan transfer harga, pengukuran kinerja kontemporer, biaya kualitas dan produktivitas, masalah internasional dalam manajemen akuntansi, analisis biaya-volume-laba, pengambilan keputusan taktis, keputusan investasi modal, manajemen persediaan, lean accounting, target costing, dan peran balanced scorecard dalam lean accounting, serta masalah akuntansi manajemen untuk organisasi nirlaba dalam perencanaan, pengendalian, dan pengukuran kinerja. Setiap topik tersebut membahas konsep, definisi, dan aplikasi dalam konteks manajemen dan organisasi.

Manajemen Lintas Budaya

Mata kuliah ini mempelajari tentang Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik,  Memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat, dan pihak pemangku kepentingan lainnya baik di dalam maupun di luar lembaganya, Dapat berkomunikasi secara efektif pada berbagai level organisasi dan lintas fungsional, Menguasai konsep ilmu ekonomi dan ilmu manajemen serta metode dan perangkat analisis fungsi-fungsi manajemen dan fungsi-fungsi perusahaan pada berbagai jenis organisasi, Memahami prinsip-prinsip dan teknik komunikasi lintas fungsi, organisasi, dan budaya, serta Kompeten dalam menelaah pengetahuan tentang berbagai regulasi yang berdampak pada organisasi.

Bahan kajian/pokok bahasan yang akan dibahas meliputi perkembangan dalam komunitas global, korporasi multinasional, lingkungan politik, lingkungan ekonomi, lingkungan legal, lingkungan teknologi, bisnis sebagai melting pot budaya, tanggung jawab sosial dalam MLB, etika dalam MLB, variabel dan dimensi budaya, budaya dan pengaruhnya pada organisasi, teori globalisasi dan transnasionalisme, definisi negosiasi dan prosesnya, budaya dan negosiasi, definisi pengambilan keputusan dan pendekatannya, budaya dan pengambilan keputusan, aspek personal dan pekerjaan manajer yang mempengaruhi budaya organisasi, harmonisasi aspek personal dan pekerjaan manajer pada proses pembentukan budaya organisasi pada BLB, alasan berkiprah dalam bisnis internasional, proses formulasi dan pengembangan strategi internasional, definisi aliansi stratejik, manfaat dan tantangan aliansi global, pengaruh pemerintah dan budaya pada implementasi strategi internasional, manajemen sumber daya manusia internasional (MSDMI), peran MSDMI, staffing, ekspatriasi, pelatihan dan pengembangan pada perusahaan global, hubungan industrial pada perusahaan global, definisi dan riset motivasi silang budaya, makna pekerjaan, peran multibudaya pemimpin, riset kepemimpinan silang budaya, kepemimpinan kontingensi, kepemimpinan internasional yang efektif, definisi desain organisasi, evolusi perusahaan global, perubahan dalam bentuk organisasi, pengendalian, peran ilmu sosial dalam studi ekonomi dan transformasi budaya, pemimpin perempuan dalam kepemimpinan global, dan globalisasi dan manajemen.

Manajemen Pemasaran II

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah dasar (wajib) pada progam studi S-1 Manajemen. Mata Kuliah ini membahas tentang dinamika kompetisi dalam  bidang pemasaran, pengembangan strategi pemasaran secara fungsional serta mengembangkan nilai nilai strategis yang memberikan nilai tambah bagi konsumen baik  lokal maupun global secara terintegrasi. Mata kuliah ini ditekankan pada pembahasan mengenai konsep dasar dan ruang lingkup implemetasi strategi pemasaran dalam upaya mencapai pertumbuhan jangka panjang perusahaan.

Bahan kajian/pokok bahasannya meliputi dinamika kompetisi dalam pemasaran seperti strategi pemimpin pasar, penantang pasar, pengikut pasar, ceruk pasar, dan pemasaran pada siklus produk. Kemudian, mata kuliah ini juga membahas setting product strategies seperti karakteristik dan klasifikasi produk, diferensiasi produk dan jasa, hubungan produk dan merk, hirarki produk, packaging, labeling, warranties dan garansi produk. Selain itu, mata kuliah ini juga mempelajari mengenai apa itu designing and managing services seperti karakteristik jasa, managing service quality, managing product support services, dan strategi layanan purna jual. Bagian berikutnya mengkaji tentang developing pricing strategies and programs, designing and managing integrating marketing channel, serta praktik marketing E Commerce dan M-Commerce. Terdapat pula materi tentang managing retailing, wholesaling, dan logistic, marketing communication, managing personal communication, introducing new market offering, pasar global, dan managing holistic marketing organization for the long run. Terakhir, juga mendalami mengenai trend praktik marketing, tanggung jawab social pemasaran, social marketing, dan marketing implementation and control sebagai pemasaran masa depan.

Mahasiswa memiliki kemampuan akhir dalam memahami dan menerapkan berbagai konsep dalam dunia bisnis, seperti persaingan, strategi produk, layanan purna jual, penetapan harga, dan desain saluran pemasaran terintegrasi untuk memberikan nilai yang optimal bagi konsumen. Selain itu, mahasiswa juga mempelajari membahas tentang Ritel, pedagang besar, dan logistik. Untuk memenuhi tuntutan pasar, mahasiswa dituntut untuk memiliki kemampuan dalam teknik komunikasi pemasaran yang efektif, termasuk kemampuan dalam mengelola komunikasi massa dan personal. Selain itu, mahasiswa juga diharapkan mampu mengerti definisi dan pendekatan dalam proses pengembangan produk baru serta strategi memasuki pasar global.

Manajemen Keuangan II

Mata Kuliah ini membahas peran dan fungsi manajemen keuangan, ruang lingkup manajemen keuangan, pasar dan lembaga keuangan, penganggaran modal, biaya modal, modal kerja, pembiayaan jangka pendek dan menengah, pembiayaan jangka panjang, return dan risiko sekuritas dan portofolio; valuasi aset keuangan, merger akuisisi dan reorganisasi. Ruang lingkup manajemen keuangan mencakup fungsi dan peran manajer keuangan serta pasar uang dan pasar modal. Kebijakan investasi dan penganggaran modal juga menjadi fokus penting dalam manajemen keuangan, di mana analisis cashflow, required rate of return investasi, payback period, net present value, profitability index, internal rate of return, pemeringkatan proyek yang mutually exclusive, dan capital rationing menjadi topik utama. Kebijakan pembiayaan jangka pendek dan jangka panjang serta biaya modal dan struktur modal juga perlu diperhatikan, di mana manajemen kas, manajemen piutang, manajemen hutang dagang, manajemen persediaan, kredit bank, dan leasing merupakan topik utama. Selain itu, kebijakan dividen, return dan risiko investasi sekuritas, analisis dan diagnosis laporan keuangan, kebangkrutan, reorganisasi, dan likuidasi, serta merger dan akuisisi juga menjadi bagian dari manajemen keuangan. Dalam memahami dan mengelola manajemen keuangan, pengetahuan mengenai topik-topik tersebut sangatlah penting.

Mahasiswa yang telah menyelesaikan mata kuliah manajemen keuangan II memiliki kemampuan yang mumpuni dalam mendefinisikan, mengidentifikasi, dan menjelaskan sistem pasar uang. Selain itu, mereka diwajibkan untuk memiliki kemampuan untuk melakukan analisis dan pengambilan keputusan investasi menggunakan metode seperti cashflow, required rate of return, dan net present value. Mahasiswa juga dapat memahami struktur modal dan biaya modal serta menghitung return dan risiko dari sekuritas dan portofolio. Di samping itu, mahasiswa juga mampu menguraikan laporan keuangan, menelaah penyebab kesulitan keuangan, dan mengkaji konsep merger dan akuisisi.

Manajemen Sumber Daya Manusia II

Mata kuliah ini membahas kegiatan-kegitan pokok manajemen sumber daya manusia yang mencakup perencanaan SDM, analisis dan desain pekerjaan, rekrutmen dan seleksi, pelatihan dan pengembangan, manajemen kinerja, manajemen karir, kompensasi, hubungan industrial dan manajemen SDM di lingkungan global.

Bahan kajian/pokok bahasan dalam manajemen sumber daya manusia (MSDM) mencakup pengantar MSDM, aspek lini dan staf dalam MSDM, fungsi dan tugas manajer, dan kompetensi manajer SDM. Selain itu, mata kuliah ini juga mengkaji tentang strategi dan analisis manajemen SDM, sistem informasi SDM, audit MSDM, sistem kerja berkinerja tinggi, proses analisis jabatan, manajemen bakat, rencana dan pengembangan karyawan, penilaian kinerja,  manajemen retensi, keterlibatan, dan karir karyawan juga termasuk dalam bahan kajian MSDM. Selain itu, juga menguraikan rencana kompensasi strategis, insentif finansial, tunjangan, layanan, relasi karyawan,  hubungan industrial pancasila. Terakhir, MSDM juga mencakup pengelolaan sumber daya manusia di lingkungan global, yang meliputi tantangan lingkungan global dan dimensi budaya nasional.

Mahasiswa yang belajar Manajemen Sumber Daya Manusia harus memiliki kemampuan dalam beberapa aspek penting. Pertama, mereka perlu mampu menjelaskan peran, perkembangan, tren, dan tantangan Manajemen SDM dalam organisasi perusahaan. Selain itu, mahasiswa juga harus dapat menguraikan proses manajemen strategis, Sistem Informasi SDM, Audit SDM, manajemen bakat, desain pekerjaan, analisis jabatan, job description, dan job specification. Kemudian, mereka dapat menjelaskan proses perencanaan, perekrutan, dan seleksi karyawan, serta melakukan wawancara, penilaian, pelatihan, pengembangan karyawan, kebutuhan pelatihan, mendesain program pelatihan, dan menelaah proses manajemen kinerja serta penilaian karyawan. Selain itu, mereka mampu untuk menjelaskan pendekatan komprehensif dalam mempertahankan karyawan, manajemen karir, penyusunan rencana kompensasi, hubungan Karyawan, sistem pendisiplinan, perlakuan adil, manajemen hubungan industrial, peran serikat pekerja, perjanjian kerja, peraturan perusahaan, dan tantangan SDM dalam lingkungan global.

 
Manajemen Operasi II

Mata kuliah ini memberikan suatu kerangka perspektif dan pemahaman konsep, teori, dan philosophi dalam manajemen operasi yang bertujuan untuk mendukung kinerja operasi yang memberikan kontribusi pada strategi keunggulan kompetitif SBU untuk menciptakan bisnis yang effektif. Mata kuliah ini membahas konsep, teori dan philosophi dalam manajemen operasi serta praktek implementasi dalam bisnis dari pendekatan studi empiris maupun praktek bisnis.

Mata kuliah ini memiliki berbagai aspek penting dalam Manajemen Operasi dan Sistem Manajemen Operasi, termasuk Visi, Misi Korporat, serta Strategi Operasi yang meliputi keunggulan kompetitif bisnis, pilihan stratejik SBU, dan strategi operasi sesuai bidang kerja Manajemen Operasi. Selain itu, mata kuliah ini juga membahas Supply Chain Management, Customer Relationship Management, Just In Time, Quality Management, Synchronous Manufacturing and Theory of Constraints, Business Process Reengineering, Maintenance Management, Operation Performance,  Operation Balance Score Card, Konsep dasar, peran, dan keunggulan bersaing SBU dalam SCM, perkembangan konsep customer relationship dalam bisnis, tujuan, faktor kunci keberhasilan, philosophy JIT partnership, serta biaya kualitas dan pendekatan-pendekatan dalam kualitas juga dibahas dalam mata kuliah ini. Mata kuliah ini juga menguraikan kendala, Drum-Buffer-Rope system, tingkat intensitas perubahan dalam Business Process Reengineering, Total Productive Maintenance dalam Maintenance Management, pengertian kinerja operasi, pengukuran kinerja operasi, serta pengertian BSC dan operation balance score card.

Keterampilan akhir dalam proses pembelajaran mencakup kemampuan untuk menjelaskan konsep dasar Manajemen Operasi sebagai fungsi dan sistem dalam unit bisnis, strategi bisnis dan strategi fungsi Manajemen Operasi, serta perkembangan Manajemen Operasi yang sesuai dengan perkembangan teknologi dan lingkungan global bisnis. Selain itu, diperlukan kemampuan untuk memahami proses bisnis sebagai rangkaian kerja sama antara berbagai elemen dalam bisnis, keterkaitan antara unit bisnis dengan pelanggan sebagai bagian dari proses bisnis, serta kemampuan untuk mengidentifikasi penyebab pemborosan dan penyimpangan. Selain itu, pemahaman tentang pentingnya kualitas dan pendekatan yang digunakan untuk mengendalikan kualitas, definisi kendala dalam proses dan strategi untuk mengatasinya, serta peran Business Process Reengineering dalam unit bisnis juga harus dimengerti. Kemampuan lainnya yaitu memahami pentingnya maintenance bagi unit bisnis dan pendekatan strategis yang digunakan dalam maintenance juga diperlukan. Mahasiswa juga diharuskan memiliki keterampilan dalam mendefinisikan kinerja operasi, mengukur kinerja operasi, dan memahami pengukuran kinerja dengan Balanced Scorecard serta Operation Balance Scorecard.

Sistem Informasi Manajemen

Mata kuliah ini memberikan pemahaman tentang berbagai aspek manajerial terkait dengan penggunaan dan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pengambilan keputusan bisnis pada setiap tingkatan manajemen, menganalisis kebutuhan informasi bagi manajemen, serta  mampu menjelaskan bagaimana perusahaan bisnis menggunakan teknologi informasi untuk mencapai tujuan perusahaan.

Bahan kajian dalam Sistem Informasi Manajemen mencakup berbagai konsep dasar dan peranan penting yang dimainkan oleh sistem informasi dalam mendukung operasi bisnis. Selain itu, terdapat pula topik terkait infrastruktur teknologi informasi, manajemen data, telekomunikasi, dan jaringan, Isu-isu etika, sosial, dan politik dalam sistem informasi, Penerapan sistem informasi di berbagai fungsi dan level organisasi, manajemen pengetahuan, pengembangan sistem informasi, dan pengendalian sistem. Selain itu, manajemen sistem informasi global juga menjadi topik bahasan dalam mata kuliah ini.

Mahasiswa memiliki kemampuan akhir pada setiap tahapan pembelajaran, di antaranya adalah menjelaskan fungsi dan peran sistem informasi manajemen dalam mendukung operasi bisnis, mengidentifikasi perangkat keras dan lunak yang digunakan sebagai pendukung penerapan sistem informasi terbaru, serta mengelola sistem informasi global. Selain itu, mahasiswa diharuskan untuk dapat mengidentifikasi peran sistem informasi dalam mendukung efisiensi proses bisnis dan mencapai keunggulan kompetitif, mengevaluasi nilai bisnis dari aplikasi jaringan telekomunikasi, e-business, dan e-commerce, serta menganalisis hubungan antara isu etika, sosial, dan politik dengan pengaruh sistem informasi terhadap masyarakat. Mahasiswa juga mampu mengevaluasi penerapan sistem informasi di bidang fungsional dan di seluruh organisasi, menganalisis sistem informasi yang digunakan oleh setiap tingkatan manajemen organisasi, mengevaluasi peran manajemen pengetahuan, metode pengembangan sistem informasi baru, nilai bisnis pengamanan dan pengendalian sistem dan sumber daya informasi perusahaan, serta bagaimana sistem informasi dapat mendukung penerapan strategi bisnis global.

Semester #5

Kewirausahaan

Mata kuliah  Kewirausahaan membahas tentang konsep dasar wirausaha, alternatif usaha, karakteristik pribadi seorang pemimpin bidang kewirausahaan, ide/bentuk usaha, issue peluang usaha di bidang perencanaan, promosi, pemasaran. Manfaat yang diperoleh setelah menempuh mata kuliah kewirausahaan ini, mahasiswa mampu  mengerti ,  memahami  dan mempraktekkan konsep dasar tentang wirausaha dan karakteristik pribadi seorang wirausaha sehingga mampu mengidentifikasi peluang usaha.

Bahan kajian mengenai wirausaha mencakup berbagai aspek penting seperti motivasi untuk menjadi wirausaha, sejarah, konsep dasar dari wirausaha, profil dari entrepreneur sukses, faktor-faktor yang mendorong seseorang untuk menjadi wirausaha, kepribadian, syarat fisik dan psikis yang diperlukan bagi seorang wirausaha yang sukses, sumber ide usaha dan issue yang terkait, kelebihan dan kekurangan berbagai sumber ide usaha di bidang umum, potensi diri, bentuk usaha yang dapat dipilih, rintangan dalam memulai usaha dan cara mengatasinya, aspek-aspek yang harus diperhatikan dalam menyusun rencana usaha, prosedur hukum pendirian badan usaha, ruang lingkup pemasaran, serta rencana praktek usaha yang terkait. Semua bahan kajian ini menjadi penting bagi seseorang yang ingin memulai usaha dan menjadi wirausaha yang sukses.

Setelah menyelesaikan tahapan pembelajaran, diharapkan mahasiswa memiliki kemampuan akhir untuk memahami konsep dasar tentang wirausaha, profil entrepreneur sukses, serta memiliki mindset untuk berwirausaha. Selain itu, mahasiswa diharuskan untuk dapat mengidentifikasi karakteristik pribadi seorang pemimpin, berbagai sumber ide usaha di bidang umum, dan peluang usaha. Kemampuan lainnya meliputi, menyusun perencanaan, melakukan promosi dan pemasaran, menyusun business plan, dan menyusun rencana praktek usaha. Dengan demikian, mahasiswa diharapkan dapat mempersiapkan diri untuk terjun ke dunia wirausaha dengan kemampuan yang memadai.

Manajemen Lembaga Keuangan

Mata kuliah ini membahas Manajemen lembaga keuangan Bank dan non Bank baik secara teori dan praktek. Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa akan dapat mengetahui bermacam- macam lembaga keuangan beserta produk dan metode penggelolaannya. Bahan kajian yang dibahas adalah sistem keuangan yang meliputi banyak aspek seperti lembaga keuangan, deregulasi sektor keuangan, fungsi bank sentral, dan jenis-jenis kredit. Selain itu, juga dikaji mengenai asuransi, dana pensiun, pegadaian, bank syariah, pasar modal, dan pasar uang. Dalam hal lembaga keuangan, dibahas tentang pengertian lembaga keuangan, jenis-jenis lembaga keuangan, dan peran lembaga keuangan. Sementara itu, dalam pengertian bank, dijelaskan jenis-jenis bank, laporan keuangan bank, dan tingkat kesehatan bank. Hal lain yang juga dibahas meliputi, konsep kredit, agunan kredit, dan risiko dan penyelamatan kredit, leasing, modal ventura, anjak piutang, reasuransi, instrumen pasar uang dan pasar modal.

Mata kuliah ini memberikan kemampuan akhir kepada mahasiswa dalam beberapa tahapan pembelajaran. Pertama, mahasiswa akan mampu menjelaskan konsep dasar lembaga keuangan dan peranannya dalam perekonomian. Kedua, mahasiswa akan mampu menjelaskan tentang institusi seperti Bank Indonesia, Lembaga Penjamin Simpanan, OJK, dan KSSK. Ketiga, mahasiswa akan mampu menjelaskan tentang kelembagaan perbankan, manajemen dana bank, dan manajemen perkreditan. Keempat, mahasiswa akan mampu menjelaskan aspek legal di bidang perkreditan dan jasa bank lainnya. Kelima, mahasiswa akan mampu menjelaskan konsep dasar manajemen sewa guna usaha, modal ventura, anjak piutang, asuransi, dana pensiun, pegadaian, perbankan syariah, dan pasar modal serta pasar uang beserta lembaga keuangan lainnya seperti SMF dan LPE.

Perilaku Keorganisasian

Mata kuliah ini memberikan suatu kerangka perspektif dan pemahaman keperilakuan dalam organisasi secara utuh dan implementasinya dalam bisnis beserta keterkaitannya dengan budaya, etika dan lingkungan. Pembahasan mencakup struktur, perilaku dan proses dalam berorganisasi baik perilaku individu maupun kelompok dalam kaitan proses kerja sama untuk mencapai tujuan. Mata kuliah ini juga membahas isu-isu aktual perilaku keorganisasian dan penerapannya secara profesional dalam dunia bisnis. 

Bahan kajian/ pokok bahasan perilaku keorganisasian meliputi Konsep Perilaku Keorganisasian, Diversitas dalam Organisasi, Sikap dan Kepuasan Kerja, Emosi dan Suasana Hati, Kepribadian dan Nilai, Persepsi dan Pengambilan Keputusan, Motivasi, Fondasi Perilaku Kelompok, Tim Kerja (Work Teams), Komunikasi dalam Organisasi, Kepemimpinan, Kekuasaan dan Politik, Konflik dan Negosiasi, Struktur Organisasi, Kultur Organisasi, Perubahan Organisasi serta Manajemen Stres.

Target pembelajaran mata kuliah perilaku keorganisasian adalah untuk membekali mahasiswa dengan pemahaman mendalam tentang perilaku individu dan kelompok di dalam organisasi. Mahasiswa diharapkan mampu mengidentifikasi dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku organisasional seperti kepuasan kerja, motivasi, kepemimpinan, dan konflik. Selain itu, mahasiswa juga diharapkan mampu memahami konsep-konsep penting dalam perilaku organisasional seperti diversitas dan desain organisasi, serta mampu mengembangkan kemampuan dalam komunikasi dan pengambilan keputusan yang efektif. Target pembelajaran juga mencakup pengembangan keterampilan untuk menciptakan budaya organisasi yang etis, positif, dan berdimensi spiritualitas, serta memahami tantangan dan proses perubahan dalam organisasi. Dengan mencapai target pembelajaran tersebut, diharapkan mahasiswa dapat mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan dalam menghadapi tantangan dan mengembangkan strategi yang efektif dalam memimpin dan mengelola organisasi di masa depan.

Hukum Bisnis

Mata kuliah ini membahas asas-asas dan aturan hukum yang mendasari dan mengatur pelaksanaan bisnis. Mata kuliah ini meliputi pengertian hukum bisnis dan perusahaan, prosedur pendaftaran perusahaan, badan hukum yang berlaku di Indonesia, kontrak/perjanjian bisnis, kepailitan, sengketa bisnis dan arbitrase.

Bahan kajian/ pokok bahasan mata kuliah hukum bisnis meliputi, Pengantar umum tentang hukum, Pengertian hubungan bisnis, Bentuk-bentuk hubungan bisnis Hukum perjanjian (kontrak bisnis), Pengertian dan jenis surat berharga, Fungsi surat berharga, Bentuk Badan Usaha, Restrukturisasi Perusahaan (Merger, Akuisisi dan Konsolidasi Prosedur Pendaftaran Perusahaan), Hukum Pengelolaan Bisnis bidang administrasi, Implementasi/contoh Kepailitan, Pengaturan dan pengertian hak cipta, hak paten, hak merek,Haki, Haki Arbitrase Perdagangan di Indonesia, Pengertian Penyelesaian Sengketa Bisnis di Luar Pengadilan.

Target pembelajaran mata kuliah hukum bisnis adalah untuk memberikan pemahaman tentang kerangka hukum yang mengatur kegiatan bisnis dan komersial, serta memberikan keterampilan dalam mengidentifikasi dan mengelola risiko hukum yang mungkin dihadapi dalam kegiatan bisnis. Mahasiswa diharapkan mampu memahami prinsip-prinsip dasar dalam hukum bisnis seperti kontrak, kepemilikan intelektual, dan tanggung jawab sosial perusahaan. Selain itu, mahasiswa diharapkan mampu memahami peraturan-peraturan yang mengatur kegiatan bisnis, termasuk peraturan tentang persaingan usaha, perpajakan, dan perlindungan konsumen. Target pembelajaran juga mencakup pengembangan keterampilan dalam mengevaluasi risiko hukum dalam kegiatan bisnis dan mengembangkan strategi untuk mengelolanya dengan efektif. Dengan mencapai target pembelajaran tersebut, diharapkan mahasiswa dapat mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan dalam kegiatan bisnis dan meminimalkan risiko hukum yang mungkin dihadapi.

Anggaran dan Perencanaan Bisnis

Program studi S1 Manajemen Universitas Diponegoro dirancang untuk memberikan pendidikan bagi mahasiswa sehingga mereka mampu  menyusun anggaran dalam siklus bisnis mulai dari pemahaman visi, misi dan strategi perusahaan, anggaran penjualan sampai anggaran pengeluaran kas, anggaran neraca dan anggaran laba rugi. Melalui mata kuliah ini mahasiswa mampu menggunakan berbagai metode penyusunan anggaran serta mampu mempertimbangkan aspek perilaku dalam penyusunan anggaran.

Materi Pembelajarannya meliputi,  Introduction To Budgeting Process Adminstrative Expense, Sales and Marketing Budget, Manufacturing Budget, Capital-Investment, Budgeting Process, Cash Management, Balance-Sheet and Financial Reporting Budget,  Zero-Based Budgeting Bracket Budgeting, Budgeting for TQM, Activity-Based Budgeting, Behavioral Aspects of Budgeting, serta Anggaran Perusahaan Komprehensif.

Target pembelajaran mata kuliah Anggaran dan Perencanaan Bisnis adalah memberikan pemahaman dan keterampilan kepada mahasiswa dalam mengembangkan rencana bisnis yang efektif dan memahami pentingnya pengelolaan anggaran dalam bisnis. Mahasiswa akan mempelajari konsep dan prinsip perencanaan bisnis, termasuk analisis pasar dan pesaing, strategi pemasaran, analisis keuangan, dan evaluasi risiko. Selain itu, mahasiswa akan mempelajari bagaimana mengembangkan dan mengelola anggaran, termasuk pengembangan proyeksi keuangan, pengelolaan arus kas, dan analisis biaya-manfaat. Dengan mencapai target pembelajaran tersebut, diharapkan mahasiswa dapat memahami bagaimana mengembangkan rencana bisnis yang efektif dan mengelola anggaran dengan baik, sehingga mampu memperkuat kompetensi dan kemampuan dalam mengambil keputusan bisnis yang strategis dan tepat guna.

Manajemen Stratejik

Setelah menyelesaikan mata kuliah ini mahasiswa akan dapat menjelaskan Memahami tentang strategi & unsur-unsur strategi, Memahami tentang lingkungan internal & eksternal perusahaan, Memahami tentang alternatif strategi, Memahami tentang pilihan strategi, Memahami tentang evaluasi & pengendalian strategi serta Memahami tentang penerapan manajemen strategi.

Pokok Bahasannya meliputi, Manajemen Strategis sebagai Suatu Kebutuhan,  Unsur-Unsur Manajemen Strategis, Lingkungan Umum, Lingkungan Industri dan Internasional, Analisis dan Diagnosis Internal,  Alternatif Strategi Utama, Mempertimbangkan Variasi Strategis, Pilihan Strategis, Pelaksanaan (Alokasi Sumber Daya, Organisasi, dan Sistem Perencanaan), Pelaksanaan (Rencana, Kebijakan, Kepemimpinan, dan Strategi Nasional), serta Pelaksanaan (Evaluasi dan Evaluasi Strategi Penerapan Proses Manajemen Strategis).

Tujuan utama mata kuliah Manajemen Stratejik adalah memberikan pemahaman mendalam tentang bagaimana organisasi dapat merencanakan dan mengelola strategi bisnis yang efektif. Mahasiswa akan belajar tentang proses analisis lingkungan bisnis, baik lingkungan internal maupun eksternal, serta cara mengembangkan strategi yang tepat untuk mencapai tujuan bisnis. Selain itu, mahasiswa akan mempelajari cara mengimplementasikan strategi bisnis dan melakukan evaluasi untuk memastikan keberhasilan dan efektivitasnya. Target pembelajaran dari mata kuliah ini adalah untuk memberikan mahasiswa keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk menjadi pemimpin bisnis yang efektif dan mampu mengembangkan strategi yang inovatif untuk menghadapi tantangan bisnis yang beragam.

Metodologi Penelitian Bisnis

Mata kuliah ini membahas tentang proses investigasi ilmiah terhadap sebuah masalah yang dilakukan secara terorganisir, sistematis, berdasarkan pada data yang terpercaya, bersifat kritikal, dan obyektif yang bertujuan untuk menemukan jawaban terhadap masalah yang diteliti.

Pokok Bahasan meliputi, Pengantar Penelitian Ilmiah, Proses Penelitian Ilmiah, Latar Belakang dan Perumusan Masalah, Penelitian Proses, Telaah Pustaka dan Pengembangan Hipotesis, Pengembangan Model Penelitian, Desain Penelitian, Desain Eksperimental, Penentuan Variabel Penelitian, Penyusunan Alat Ukur Penelitian, Penentuan Sampel, Metode Pengumpulan Data, Analisis dan Interpretasi Data I dan II,  serta Laporan Penelitian.

Tujuan utama mata kuliah Metodologi Penelitian adalah untuk memberikan mahasiswa pemahaman yang mendalam tentang bagaimana melakukan penelitian yang berkualitas dan ilmiah. Mahasiswa akan mempelajari berbagai teknik penelitian, seperti pengumpulan data, analisis data, dan interpretasi data, serta mempelajari bagaimana merencanakan dan melaksanakan penelitian yang sesuai dengan standar penelitian ilmiah yang berlaku. Selain itu, mahasiswa juga akan mempelajari bagaimana mengevaluasi dan menginterpretasikan hasil penelitian, serta cara mengkomunikasikan hasil penelitian dalam format yang baik dan jelas. Target pembelajaran dari mata kuliah ini adalah untuk memberikan mahasiswa keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk menjadi peneliti yang handal dan terampil, serta mampu memahami dan mengimplementasikan metodologi penelitian yang tepat dan efektif.

Semester #6

Komunikasi Bisnis

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib pada program studi Manajemem yang membahas tentang segala sesuatu yang berkaitan dengan komunikasi bisnis, mulai dari dasar dasar komunikasi bisnis ,Komunikasi antar pribadi dan Komunikasi dalam organisasi, Perencanaan dan Pengorganisasian pesan bisnis, Penulisan laporan bisnis, komunikasi lintas budaya,   sampai dengan cara mempresentasikan suatu gagasan atau ide

Bahan Kajian/ Pokok Bahasan meliputi, Pengenalan komunikasi bisnis, komunikasi dalam organisasi, Komunikasi lintas budaya, Perencanaan dan pengorganisasian pesan bisnis, Revisi pesan bisnis, Penulisan direct request & penulisan permintaan maaf, Penulisan bad news & pesan persuasif, Dasar korespondensi bisnis, Penulisan surat lamaran kerja,. Resume, Wawancara kerja, Presentasi bisnis, Negosiasi, Penulisan laporan bisnis, Laporan singkat, Laporan formal, Komputer dalam bisnis, serta Teknologi informasi dalam komunikasi bisnis.

Mata kuliah Komunikasi Bisnis bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan keterampilan berkomunikasi yang efektif dalam konteks bisnis. Mahasiswa akan mempelajari berbagai teknik komunikasi yang dapat diterapkan dalam situasi bisnis seperti presentasi, negosiasi, dan komunikasi antar budaya. Selain itu, mahasiswa juga akan diajarkan bagaimana mengembangkan pesan bisnis yang jelas dan persuasif, serta cara menggunakan media komunikasi yang sesuai seperti email, laporan, dan proposal. Dengan demikian, mahasiswa diharapkan dapat menghasilkan komunikasi bisnis yang efektif dan dapat mempengaruhi keputusan bisnis yang diambil oleh para pemangku kepentingan.

Manajemen Mutu

Tujuan dari mata kuliah ini adalah melatih mahasiswa untuk menganalisis, merumuskan, dan mengevaluasi strategi-strategi manajemen mutu layanan sektor publik berdasarkan visi, misi, sasaran, dan kondisi internal dan eksternal. Selain itu, mahasiswa juga diharapkan mampu mengembangkan kerangka manajerial untuk mengimplementasikan rencana strategik dalam bidang manajemen mutu layanan sektor publik dan menghasilkan konsep inovatif untuk pengembangan model manajemen mutu layanan sektor publik. Mata kuliah ini terdiri dari 14 pertemuan dan 2 kali ujian dengan total 3 SKS.

Pokok bahasan mata kuliah ini adalah identifikasi masalah-masalah mutu layanan sektor publik, analisis instansi atau lembaga pemerintah sektor publik, analisis kebijakan manajemen mutu layanan sektor publik, analisis terhadap pengembangan objective dalam manajemen mutu layanan sektor publik, analisis market orientation dan pembelajaran organisasional dari manajemen mutu layanan sektor publik, analisis strategi manajemen mutu layanan sektor public, pengembangan strategi manajemen mutu layanan sektor public, pengembangan portofolio strategi manajemen mutu layanan sektor publik, sustainable competitive advantage pada manajemen mutu layanan sektor publik, serta new perspective strategi manajemen mutu layanan sektor publik.

Mata kuliah Manajemen Mutu bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan pemahaman mengenai prinsip-prinsip dan praktik manajemen mutu. Mahasiswa akan mempelajari konsep dasar manajemen mutu, standar-standar internasional yang terkait, serta alat dan teknik yang dapat digunakan untuk menerapkan manajemen mutu di organisasi. Selain itu, mahasiswa juga akan mempelajari strategi untuk meningkatkan kinerja organisasi melalui manajemen mutu, termasuk evaluasi dan perbaikan berkelanjutan. Dalam mata kuliah ini, mahasiswa akan dilatih untuk menganalisis masalah dan melakukan perbaikan dengan menggunakan metode dan alat manajemen mutu yang relevan, sehingga mampu mempersiapkan diri untuk menjadi profesional yang mampu menerapkan manajemen mutu secara efektif di berbagai jenis organisasi.

Analisis Laporan Keuangan

Mata kuliah  Analisis Laporan Keuangan membahas mengenai berbagai macam alat untuk menganalisis kinerja keuangan suatu perusahaan. Mata kuliah ini menjelaskan tentang konsep, prosedur, metode, dan tehnik-tehnik analisis kinerja keuangan suatu perusahaan yang dilaksanakan dalam kegiatan praktik melakukan analisis kinerja keuangan dengan menggunakan modul.

Mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar Sistem Keuangan, Institusi Keuangan, dan Pasar Keuangan serta keterkaitan antara ketiganya. Selain itu, mahasiswa juga akan mempelajari tentang Pasar Modal dan Pasar Uang, fungsi dan peran pasar modal dan pasar uang, struktur pasar modal Indonesia, karakteristik pasar uang, tujuan investasi di pasar uang dan pasar modal, serta jenis-jenis instrumen pasar uang dan pasar modal. Topik lain yang dibahas meliputi Sejarah Perkembangan Pasar Modal Indonesia, Lembaga dan Profesi Penunjang Pasar Modal, Analisis Laporan Keuangan, dan teori portofolio. Kemudian, mahasiswa juga akan mengkaji tentang efisiensi pasar modal dan implikasi-implikasinya dalam menentukan harga saham, mekanisme perdagangan di pasar modal, analisis fundamental dan teknikal, serta menentukan nilai harga aktiva (sekuritas) dengan benar.

Mata kuliah Analisis Laporan Keuangan bertujuan untuk memberikan pemahaman dan keterampilan dalam melakukan analisis laporan keuangan suatu perusahaan. Target pembelajaran dari mata kuliah ini adalah agar mahasiswa mampu memahami dan menginterpretasikan informasi keuangan dalam laporan keuangan, melakukan analisis rasio keuangan untuk mengevaluasi kinerja keuangan perusahaan, mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja keuangan, serta mampu menghasilkan laporan analisis keuangan yang berkualitas tinggi dan memberikan rekomendasi yang tepat untuk manajemen perusahaan. Selain itu, mahasiswa juga diharapkan mampu menguasai teknik-teknik analisis keuangan yang diperlukan untuk melakukan penilaian risiko dan pengambilan keputusan investasi dengan menggunakan data keuangan. Dengan demikian, mahasiswa akan memiliki keterampilan yang dibutuhkan untuk dapat melakukan analisis laporan keuangan secara efektif dan efisien, serta memberikan kontribusi yang signifikan dalam pengambilan keputusan bisnis yang berbasis pada data keuangan.

Manajemen Resiko Bisnis

Mata kuliah ini dirancang untuk membantu mahasiswa dalam memahami manajemen risiko dengan baik, khususnya untuk membantu meningkatkan pengetahuan tentang risk and risk management, insurance and risk retention, and implementation of risk management in business Mata kuliah ini mebahas konsep manajemen risiko dan penerapannya dalam manajemen bisnis, khususnya pada lembaga keuangan. Secara rinci pokok bahasan meliputi konsep risiko, manajemen risiko, manajemen risiko dan asuransi, manajemen risiko lembaga keuangan, dan penggunaan value at risk dalam manajemen risiko.

Pokok Bahasan mata kuliah ini meliputi, Konsep Risiko dan Manajemen Risiko, Identifikasi Risiko, Pengukuran Risiko, Pooling Arrangement, dan Diversifikasi Risiko, Kepemilikan Penanggung, Kepailitan Penanggung, Peraturan Asuransi, Penetapan Harga, Asuransi, Permintaan Asuransi, Kepastian Resiko Kewajiban Hukum, Asuransi Mobil, Asuransi Pemilik Rumah Asuransi Jiwa, Asuransi Kesehatan, Santunan Tenaga Kerja, Pensiun Loss Control, Keputusan Retensi/Pengurangan Risiko, Resiko keuangan, Peraturan Bank dan Basel II, Ukuran VaR, Risiko Pasar, Risiko Kredit dan Likuiditas, Resiko operasional, serta Manajemen Risiko Terintegrasi.

Mata kuliah Manajemen Resiko Bisnis bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang prinsip-prinsip dasar manajemen risiko bisnis, teknik identifikasi, penilaian dan pengendalian risiko, serta manajemen risiko keuangan dan asuransi. Dengan mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan dapat memahami pentingnya manajemen risiko dalam suatu bisnis dan mampu mengidentifikasi serta mengevaluasi risiko yang mungkin terjadi pada bisnis tersebut. Selain itu, mahasiswa juga akan mempelajari teknik-teknik pengendalian risiko, seperti transfer risiko melalui asuransi, dan manajemen risiko keuangan, sehingga mampu membuat keputusan bisnis yang lebih cerdas dan terencana dalam menghadapi berbagai risiko yang mungkin terjadi di masa depan.

Pasar Keuangan

Mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar Pasar Modal dan Pasar Uang, Fungsi dan Peran Pasar Modal dalam kegiatan perekonomian, lembaga dan profesi pasar modal, bentuk-bentuk pasar dalam pasar modal, Indeks Harga saham, instrument pasar modal dan pasar uang, Reksadana, Efisiensi pasar dan Investasi Pasar Modal dan Pasar uang.

Pokok Bahasan Pasar Keuangan meliputi, Sistem Keuangan, Institusi Keuangan, Pasar Keuangan dalam system ekonomi Global, Peran dan struktur Pasar Modal dan Pasar uang, Instrumen-instrumen Pasar Uang dan Pasar Modal, Sejarah perkembangan pasar modal Indonesia, lembaga dan profesi penunjang pasar modal, Organisasi Pasar Perdana, Pasar Sekunder, Mekanisme Perdagangan di Pasar Modal Rekasa Dana (Mutual Fund), Index Harga Saham, Margin Trading, Corporate action, Analisis Fundamental, Analisis Teknikal, Teori Pasar Modal, Model Penetapan Harga, Aktiva Teori Portofolio, serta Efisiensi Pasar Modal.

Mata kuliah Pasar Keuangan bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang konsep dasar dan karakteristik pasar keuangan, serta fungsi dan peran dari institusi keuangan dalam pasar keuangan. Selain itu, mahasiswa juga diharapkan dapat memahami jenis-jenis instrumen pasar keuangan, peserta pasar, dan struktur pasar keuangan di Indonesia. Selama mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa juga akan dilatih untuk dapat menganalisis pergerakan harga saham dan fluktuasi pasar dengan menggunakan metode analisis fundamental dan teknikal. Setelah menyelesaikan mata kuliah ini, diharapkan mahasiswa dapat memahami cara kerja pasar keuangan, memilih instrumen investasi yang tepat, dan mampu merencanakan strategi investasi yang efektif dan berisiko sesuai dengan kondisi pasar yang ada.

Perekonomian Indonesia

Mata kuliah ini mempelajari berbagai konsep dasar dan ruang lingkup Perekonomian Indonesia serta aspek terpenting dalam perkembangan makro ekonomi Indonesia. Pembahasannya didasarkan pada data dan perkembangan variabel makro ekonomi Indonesia dari masa lalu hingga data paling mutakhir, yang meliputi sejarah perkembangan perekonomian, sistem perekonomian, pendapatan nasional, pertumbuhan ekonomi, struktur ekonomi, distribusi pendapatan dan kemiskinan, kependudukan dan ketenagakerjaan serta kesempatan kerja dan pengangguran, indeks pembangunan manusia, investasi, pengeluaran konsumsi masyarakat dan pemerintah, perdagangan luar negeri dan neraca pembayaran, arus modal asing dan utang luar negeri, perkembangan sektor industri dan pertanian, perkembangan usaha kecil dan koperasi, demokrasi dan globalisasi ekonomi. 

Materi Pokok dalam mata kuliah perekonomian Indonesia meliputi,  Konsep, Lingkup Perkuliahan Ekonomi Indonesia, Sejarah Perkembangan Perekonomian Indonesia, Sistem Perekonomian Indonesia dan global, Pertumbuhan Ekonomi dan Struktur Ekonomi, Faktor Faktor penyebab terjadinya kemiskinan, Kependudukan, Ketenagakerjaan, Kesempatan Kerja dan Pengangguran,  Indek Pembangunan Manusia, Investasi, Perilaku Konsumsi Masyarakat, Neraca Pembayaran, Arus Modal Asing dan Utang Luar Negeri, Utang luar negeri untuk percepatan pembangunan dan pertumbuhan perekonomian indonesia, Perkembangan Usaha Kecil dan Koperasi, Demokrasi Ekonomi serta Globalisasi Ekonomi.

Mata kuliah Perekonomian Indonesia bertujuan untuk memberikan pemahaman mengenai perekonomian Indonesia secara menyeluruh. Target pembelajaran dari mata kuliah ini adalah mahasiswa dapat memahami sejarah, struktur, dan karakteristik perekonomian Indonesia, serta faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan ekonomi Indonesia. Mahasiswa juga akan belajar mengenai kebijakan ekonomi yang telah diterapkan di Indonesia, termasuk kebijakan fiskal dan moneter, serta dampaknya terhadap perekonomian. Selain itu, mahasiswa juga akan mempelajari isu-isu ekonomi kontemporer di Indonesia, seperti masalah ketimpangan ekonomi, kemiskinan, dan pengangguran, serta upaya yang telah dilakukan oleh pemerintah untuk mengatasi masalah tersebut. Setelah mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan dapat memahami dan menganalisis situasi perekonomian Indonesia secara kritis dan objektif.

Semester #7

Kuliah Kerja Nyata (KKN)
Mata Kuliah Pilihan : 
Konsentrasi Manajemen Pemasaran : 
1. Seminar Manajemen Pemasaran 

Mata kuliah ini membahas  tentang sistematika penelitian, metodologi penelitian, penyusunan hasil penelitian. Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa dapat menjelaskan sistematika penelitian dan dapat melaksanakan penelitian beserta penyusunan skripsi. Bahan Kajian/ Pokok Bahasan meliputi Sistematika penelitian / skripsi Data pemasaran, riset pemasaran, perkembangan dan trend riset pemasaran, perumusan masalah, hipotesis penelitian, dan desain model penelitian, perencanaan metode penelitian dan perencanaan teknis analisis di bidang pemasaran.

Mata kuliah Seminar Manajemen Pemasaran bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan dalam mengembangkan strategi pemasaran yang efektif. Target pembelajarannya meliputi pemahaman tentang konsep dasar pemasaran, perilaku konsumen, segmentasi pasar, targeting, dan positioning, serta penggunaan alat dan teknik pemasaran seperti bauran pemasaran (marketing mix), branding, dan promosi. Selain itu, mahasiswa juga akan belajar mengidentifikasi dan menganalisis pasar yang potensial, memahami strategi bersaing, dan memanfaatkan teknologi informasi dan digital dalam pemasaran. Dengan mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu mengembangkan rencana pemasaran yang efektif dan dapat diterapkan pada berbagai jenis industri dan produk.

2. Manajemen Penjualan 

Mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar manajemen penjualan, gambaran tentang perubahan dalam manajemen penjualan, strategi pemasaran dan fungsi penjualan, pengelolaan piutang, pelatihan tenaga penjualan, motivasi  dan pengukuran efektivitas tenaga penjualan. Bahan Kajian/ Pokok Bahasan meliputi Konsep Dasar Manajemen pemasaran, Pengertian manajemen penjualan, lingkungan pemasaran dan perubahannya, Manajemen pemasaran dan bauran pemasaran, Fungsi penjualan personal, startegi penjualan, pengembangan tenaga penjualan dan efektivitas tenaga penjualan, Jenis tenaga penjual, strategi menjual produk dan kebutuhan tenaga penjual, Jenis-jenis produk yang akan dijual, produk pesaing dan pengetahuan konsumen dan perilakunya, dan Perilaku konsumen dan organisasi pembela konsumen. Selain itu manajemen penjualan juga mempelajari tentang Tugas tenaga penjualan, situasi dan lingkungan pasar, bauran pemasaran dan komunikasi pemasaran, Situasi, pusat, proses dan kebutuhan pembelian, Sistem penjualan perusahaan, piutang perusahaan dan kegiatan penjualan, Sistem rekrutmen dan kebutuhan tenaga penjualan, Sistem penjualan, pengetahuan saluran distribusi dan kemampuan yang dibutuhkan bagi tenaga penjualan, Jenis-jenis tenaga penjual, karakteristik tenaga penjual dan remunerasi tenaga penjualan, serta Faktor-faktor penentu kinerja tenaga penjualan.

Mata kuliah Manajemen Penjualan bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan bagi mahasiswa dalam mengelola dan memimpin tim penjualan serta mengembangkan strategi penjualan yang efektif. Target pembelajarannya meliputi memahami konsep dasar manajemen penjualan, mengenali karakteristik konsumen dan pasar, mengembangkan teknik negosiasi dan presentasi penjualan, merancang strategi penjualan yang tepat, memahami proses manajemen hubungan pelanggan, dan meningkatkan keterampilan kepemimpinan dan pengambilan keputusan dalam manajemen penjualan. Setelah mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu merencanakan dan mengimplementasikan strategi penjualan yang efektif, mengelola tim penjualan dengan baik, serta meningkatkan kinerja penjualan dan kepuasan pelanggan.

3. E-Commerce

Mata kuliah ini membahas  tentang konsep dasar E-commerce, keunggulan E-commerce, jenis-jenis E-Commerce dan pelaksanaan E-commerce dalam kegiatan usaha. Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa menjelaskan konsep dasar E-commerce, keunggulan dari E-commerce, dan pelaksaan E-commerce. Bahan Kajian mata kuliah ini meliputi, dasar E-commerce, Ruang lingkup pengertian E-Commerce, dan studi kasus Keunggulan-keunggulan dari E-Commerce, dampak E-commerce bagi perusahaan maupun konsumen, Jenis dan definisi model e-business, Konsep dasar dari mobile commerce dan pengembangan konten untuk sistem mobile Jenis dan definisi sistem pembayaran dalam e-commerce, keunggulan dan kelemahan tiap sistem Isu keamanan dalam e-commerce, pengamanan transaksi online Hukum yang berlaku dalam kegiatan transaksi dalam e-commerce.

Target pembelajaran pada mata kuliah E-Commerce adalah mahasiswa mampu memahami konsep dasar dan prinsip e-commerce, teknologi dan infrastruktur e-commerce, strategi pemasaran e-commerce, pengembangan bisnis online, serta isu-isu etis dan hukum yang terkait dengan bisnis e-commerce. Selain itu, mahasiswa juga diharapkan dapat menerapkan pengetahuan dan keterampilan dalam merancang, mengimplementasikan, dan mengelola sebuah bisnis e-commerce yang sukses, serta dapat memahami tantangan dan peluang bisnis di era digital yang semakin berkembang pesat. Dengan memahami konsep dan aplikasi e-commerce, mahasiswa diharapkan mampu mempersiapkan diri untuk menjadi seorang profesional di bidang bisnis digital yang inovatif dan kompetitif.

4. Manajemen Merek

Mata kuliah ini membahas  tentang konsep dasar manajemen merek, proses perencanaan dan implementasi manajemen merek. Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa menjelaskan konsep dasar merek, strategi merek, perencanaan dan implementasi manajemen merek. Bahan Kajian/ Pokok Bahasannya meliputi, Konsep dasar merek, definisi brand, branding, dan rebranding, fungsi dan peranan merek, Proses manajemen merek, dan tahap membangun merek, Definisi ekuitas merek, based brand equity, dan mengukur kekuatan merek dan meningkatkan kekuatan merek, Konsep dasar brand positioning, definisi dari brand value, Brand Product Matrix, brand hierarchy, desain strategi merek, Penamaan produk baru dan brand extention, Strategi merek global.

Target pembelajaran mata kuliah Manajemen Merek adalah agar mahasiswa memahami konsep dasar manajemen merek dan strategi merek yang efektif. Mahasiswa akan belajar mengenai bagaimana membangun merek yang kuat, mengelola merek, melakukan identifikasi dan analisis merek pesaing, serta mengembangkan strategi merek untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Selain itu, mahasiswa akan belajar tentang pentingnya merek dalam konteks pemasaran global dan pengaruh teknologi terhadap pengembangan merek. Setelah mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu mengembangkan merek yang kuat dan memahami pentingnya merek dalam mencapai keberhasilan bisnis.

5. Perilaku Konsumen 

Mata kuliah ini membahas  tentang konsep dasar perilaku konsumen dan penerapannya meliputi budaya, sosial dan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian dan perilaku pasca pembelian serta perannya dalam perancangan strategi pemasaran. Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa menjelaskan konsep perilaku konsumen dan dapat menganalisa faktor yang mempengaruhi pembeli dan perilakunya serta penerapan dalam strategi pemasaran. Bahan Kajian / Pokok Bahasannya meliputi, Pengertian dan konsep dasar perilaku konsumen, Pengertian riset konsumen, Proses riset konsumen, Membangun tujuan riset, Metode pengumpulan data (primer dan sekunder), Analisa data Model kompensatori, model non-kompensatori (disjuntive, conjunctive, elimination by aspect rule, lexhicographic rule) Cognitive dissonant, kepuasan konsumen, loyalitas dan pemasaran relasional, Pentingnya segmentasi pasar, Dasar menetapkan segmentasi pasar Status sosial, kelas sosial dan perilaku konsumen, budaya, sub-budaya, serta transfer of meaning from culturally constituted world to consumer goods to consumers.

Target pembelajaran dari mata kuliah perilaku konsumen adalah mahasiswa dapat memahami faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam memilih, membeli, dan menggunakan produk atau jasa. Selain itu, mahasiswa juga diharapkan dapat mengidentifikasi kebutuhan, keinginan, dan preferensi konsumen untuk mengembangkan strategi pemasaran yang tepat. Materi yang diajarkan meliputi teori perilaku konsumen, faktor psikologis, sosial, dan budaya yang mempengaruhi perilaku konsumen, proses pengambilan keputusan konsumen, serta strategi pemasaran yang berfokus pada kepuasan konsumen. Dengan memahami perilaku konsumen, mahasiswa diharapkan mampu mengembangkan strategi pemasaran yang efektif dan dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen sehingga dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dan menghasilkan keuntungan yang optimal bagi perusahaan.

6. Pemasaran Jasa

Mata kuliah ini membahas  tentang pemasaran dalam perusahaan jasa dan implementasi strategi pemasaran dalam perusahaan jasa. Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa menjelaskan pemasaran dalam perusahaan jasa dan strategi pemasaran dalam perusahaan jasa serta implementasinya. Bahan Kajian/ Pokok Bahasan meliputi, Perkembangan industri jasa, definisi jasa, klasifikasi bisnis jasa, karakteristik jasa, sifat dan kategori jasa, Pentingnya strategi STP, strategi segmentasi, targeting, dan positioning perusahaan jasa, Pengertian bauran pemasaran jasa, komponen bauran pemasaran jasa, saluran distribusi jasa, proses jasa Pengertian dan kategori penawaran produk, branding produk dan pengalaman jasa, pengembangan layanan jasa baru Pengertian dsitribusi dan saluran pemasaran jasa, peran perantara, pilihan distribusi untuk pelayanan pelanggan, keputusan tempat dan waktu Keputusan harga pada jasa, strategi penentuan harga, tujuan penentuan harga dan faktor yang mempengaruhi strategi harga, Peran komunikasi pemasaran, serta tantangan dalam komunikasi jasa. 

Mata kuliah Pemasaran Jasa bertujuan untuk memberikan pemahaman dan keterampilan dalam mengembangkan dan memasarkan produk jasa secara efektif. Target pembelajaran dari mata kuliah ini adalah mahasiswa dapat memahami karakteristik dan keunikan pemasaran jasa, serta mampu menerapkan strategi pemasaran jasa yang efektif dan efisien, seperti mengidentifikasi kebutuhan dan keinginan konsumen, mengembangkan layanan yang sesuai dengan kebutuhan konsumen, dan merancang program pemasaran jasa yang tepat. Selain itu, mahasiswa juga akan mempelajari mengenai manajemen kualitas jasa, manajemen hubungan pelanggan, dan manajemen layanan purna jual. Dengan mengikuti mata kuliah ini, diharapkan mahasiswa dapat menguasai konsep dan praktik pemasaran jasa yang dapat diterapkan pada berbagai jenis industri jasa.

7. Pemasaran Retail

Mata kuliah ini membahas tentang penerapan pemasaran untuk industri retail. Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa menjelaskan konsep dasar pemasaran retail dan penerapan pemasaran untuk industri retail. Bahan Kajian/ Pokok Bahasan meliputi, Pengertian retail, Paradigma retail tradisional dan retail modern, Karakteristik dasar retail, Tahap sebelum konsumsi jasa, Tahap saat konsumsi jasa, Tahap setelah konsumsi jasa, Motif belanja konsumen, Tipe keputusan belanja, Proses pengambilan keputusan, Format retail, Bauran retail, Lokasi area perdagangan, Daya tarik sebuah lokasi, Perkiraan permintaan lokasi baru, Tipe-tipe lokasi, Penentuan harga secara efektif untuk kesuksesan secara finansial, Manajemen pendapatan, Kepedulian etis terhadap penentuan harga jasa, Peran dari Komunikasi Pemasaran, serta Perencanaan komunikasi pemasaran.

Mata kuliah pemasaran retail bertujuan untuk memberikan pemahaman dan keterampilan dalam mengelola bisnis retail. Target pembelajaran dari mata kuliah ini adalah mahasiswa mampu memahami karakteristik dan perbedaan dari bisnis retail dibandingkan dengan bisnis lainnya, mampu melakukan perencanaan dan strategi pemasaran yang tepat untuk produk retail, mengelola stok dan persediaan produk secara efisien, serta mampu mengembangkan hubungan jangka panjang dengan konsumen dan supplier. Selain itu, mahasiswa juga diharapkan mampu memahami teknologi yang digunakan dalam bisnis retail, termasuk penggunaan sistem point-of-sale (POS) dan manajemen data pelanggan. Dengan mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan memiliki keterampilan dalam mengelola bisnis retail yang sukses dan mampu bersaing di pasar yang semakin kompetitif.

8. Pemasaran Internasional

Mata kuliah ini membahas tentang proses pemasaran internasional dan tantangan yang dihadapi oleh pemasar internasional untuk berkembang di negara lain. Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa menjelaskan konsep dasar pemasaran internasional, proses pemasaran internasional dan implementasinya. Bahan Kajian/ Pokok Bahasannya meliputi, Global marketing overview, Global trade agreement Cultures and global marketing, Konsep nilai tukar mata uang asing, purchasing dan power parity,  lingkungan keuangan global Lingkungan politik global, world economy international agreements, international law and local legal environment, Konsep segmentasi, targeting, positioning di pasar global, serta Pengelolaan komunikasi pemasaran internasional terpadu.

Mata kuliah pemasaran internasional bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang pentingnya pemasaran internasional dalam era globalisasi saat ini. Target pembelajaran dari mata kuliah ini antara lain adalah memahami perbedaan lingkungan pemasaran antara pasar domestik dan internasional, mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan perusahaan untuk melakukan ekspansi ke pasar internasional, memahami strategi pemasaran internasional yang efektif, mempelajari teknik-teknik pemasaran yang sesuai dengan budaya dan kebiasaan konsumen di pasar internasional, serta memahami kebijakan dan regulasi yang berlaku dalam perdagangan internasional. Setelah mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu mengembangkan strategi pemasaran internasional yang efektif dan mampu menghadapi tantangan yang terkait dengan perdagangan internasional.

 
Konsentrasi Manajemen Pasar Modal : 
1. Seminar Pasar Modal

Mata kuliah ini membahas  tentang konsep dasar Pasar modal dan juga permasalahan yang ditemukan pada pasar modal yang nantinya akan dijadikan sebagai latar belakang melakukan sebuah penelitian. Memahami ruang lingkup metode penelitian dan teknik analisis, dengan output proposal penelitian pada bidang pasar modal.

2. Etika dan Hukum Pasar Modal

Mata kuliah ini membahas  tentang konsep dasar etika dan konsep dasar etika dan hukum pasar modal. Mekanisme dalam etika dasar dan hukum di Bursa Efek Indonesia.

3. Perencanaan Keuangan

Mata kuliah ini membahas  tentang konsep perencanaan keuangan pribadi maupun perusahaan dengan tujuan mampunya mengelola keuangan dengan baik dan mampu untu mengelola pendanaan dengan rencana struktur modal yang baik.

4. Kontrak Berjangka Derivatif

Mata kuliah kontrak berjangka derivatif memberikan pemahaman tentang konsep kontrak berjangka derivatif dan instrumen yang ada pada kontrak berjangka derivatif, proses transaksi dan hukum dari pelaksanaan kontrak berjangka derivatif.

5. Analisis Fundamental dan Teknikal

Mata kuliah ini membahas  tentang konsep dasar Analisis fundamental dan teknikal, Penilaian investasi Analisis Fundamental, Return investasi Analisis Fundamental, Resiko investasi, fungsi-fungsi analisis fundamental dan teknikal, manfaat dari manfaat dari analisis fundamental dan teknikal.

6. Pasar Modal Syariah

Mata kuliah ini menyajikan materi-materi mengenai teori manajemen investasi syariah serta pengertian dan implementasi pasar modal syariah di Indonesia dan di dunia.

7. Manajemen Investasi

Mata kuliah Manajemen Investasi memberikan pemahaman tentang Investasi (khususnya investasi pada Financial Assets) dan bidang-bidang yang terkait di dalamnya. Bahasan mengenai investasi dimulai dengan memberikan pemahaman tentang investasi, tujuan investasi, dan alternatif-alternatif/bentuk-bentuk investasi. Selanjutnya dipelajari bagaimana menghitung return dan risiko dari investasi baik untuk investasi aktiva tunggal maupun untuk investasi portofolio. Di sini dibahas berbagai teori yang berkenaan dengan proses pengambilan keputusan investor untuk membeli atau menjual surat berharga, baik saham, obligasi, maupun derivative securities.

8. Laboratorium Investasi

Mata kuliah ini menyajikan materi-materi mengenai teori manajemen investasi syariah serta pengertian dan implementasi pasar modal syariah di Indonesia dan di dunia.

 
Konsentrasi Manajemen Bisnis Internasional : 
1. Seminar International Business

Mata kuliah ini memberikan dua materi inti. Materi pertama adalah pemahaman yang luas tentang komunikasi antarbudaya, meliputi landasan, proses, dan penerapan komunikasi antarbudaya. Materi kedua adalah review dan praktik keterampilan bernegosiasi secara komprehensif.

2. Business Intercultural Communication 

Mata kuliah ini memberikan dua materi inti. Materi pertama adalah pemahaman yang luas tentang komunikasi antarbudaya, meliputi landasan, proses, dan penerapan komunikasi antarbudaya. Materi kedua adalah review dan praktik keterampilan bernegosiasi secara komprehensif.

3. International Marketing

Mata kuliah ini secara kontektual dan pengaplikasikan serta menganalisis konsep-konsep dasar teori pemasaran global dan pergeseran konsep-konsep dasar dari teori pemasaran lokal ke pemasaran internasional/global. Pemahaman konsep tersebut tercermin dalam melakukan aktivitas manajemen pemasaran perusahaan yang meliputi analisis lingkungan yang mempengaruhi kegiatan pemasaran global seperti lingkungan geografi, demografi, ekonomi dan keuangan, lingkungan politik dan hukum, lingkungan sosial budaya, riset pemasaran global, perilaku konsumen global, segmentasi, targeting, positioning dalam pasar global, konsep keunggulan bersaing di pasar internasional/global, strategi memasuki pasar internasional/global, dan strategi marketing mix dalam konteks pemasaran internasional/global.

4. International HRM

Mata kuliah Manajemen Sumber Daya Manusia  global memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang isu-isu sumber daya manusia dalam lingkup internasional, yang mencakup kebutuhan organisasi, rekruiutmen karyawan, wawancara, seleksi, kesempatan yang sama dan perencanaan karier dari perspektif global. Lebih lanjut, mata kuliah ini akan membahas budaya organisasi dan budaya nasional yang sangat mempengaruhi proses pengelolaan sumber daya manusia internasional. Mata kuliah ini akan menggunakan berbagai pendekatan, baik teoritis maupun studi kasus untuk mempermudah pemahaman mahasiswa dalam memahami materi dan mengembangkan daya pikir kritis mahasiswa.

5. Finance of International Business

Setelah mempelajari manajemen keuangan internasional, diharapkan para mahasiswa selain memiliki pemahaman dan pengetahuan juga memiliki skill untuk aplikasi dalam dunia kerja.

6. Global Operations Management

Mata kuliah ini mempelajari tentang faktor-faktor lingkungan eksternal dan pengelolaan sumber daya internal dalam aktivitas perusahaan yang bergerak secara internasional. Pokok pembahasan diantaranya meliputi faktor pendorong dan penghambat aktivitas perusahaan menuju internasional; tahapan perkembangan perusahaan mulai dari perusahaan domestik, ekspor, multinasional, global dan transnasional; serta pengelolaan aktivitas manajemen produksi internasional, manajemen pemasaran internasional, manajemen SDM internasional dan cara pembayaran dalam transaksi dagang internasional.

7. International Business in Asia-Pacific

Memberikan pengetahuan mengenai bisnis internasional di Asia-Pasifik dan faktor – faktor yang mempengaruhi bisnis dalam cakupan internasional dan termasuk resiko, tantangan dan juga kesempatan didalam berbisnis antar negara. Selain itu mata kuliah ini juga membahas mengenai globalisasi dan organisasi–organisasi internasional.

8. International Business Law

Mata kuliah ini membahas asas-asas dan aturan hukum yang mendasari dan mengatur pelaksanaan bisnis. Mata kuliah ini meliputi pengertian hukum bisnis dan perusahaan, prosedur pendaftaran perusahaan, badan hukum yang berlaku di Indonesia, kontrak/perjanjian bisnis, kepailitan, sengketa bisnis dan arbitrase.

 
Konsentrasi Manajemen Operasi : 
1. Seminar Manajemen Operasi 

Mata kuliah Seminar Manajemen Operasi ini  menjelaskan konsep, strategi dan praktik terkini di bidang manajemen operasi, menjelaskan berbagai konsep dan metode dalam menyusun rencana penelitian, mereview berbagai artikel dan penelitian dalam bidang manajemen operasi dan penyajian proposal penelitian. Pokok bahasannya meliputi, konsep, teori, strategi, dan praktik terkini di bidang Operasi untuk dikaji atau diteliti, Konsep dan metode dalam menyusun rencana penelitian di bidang Operasi Mahasiswa, Review artikel hasil studi empiris dan menyajikannya secara sistematis, Menyarikan dan menyajikan review tiga artikel hasil studi empiris untuk penentuan topik penulisan rencana penelitian, serta Rencana    penelitian skripsi.

Mata kuliah Seminar Manajemen Operasi bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang konsep dan prinsip manajemen operasi yang diterapkan dalam pengelolaan proses bisnis. Mahasiswa akan mempelajari tentang perencanaan, pengorganisasian, pengendalian, dan pengembangan operasi yang efektif dan efisien dalam mencapai tujuan organisasi. Selain itu, mahasiswa akan mempelajari tentang aplikasi teknologi informasi dalam manajemen operasi dan mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja operasi, serta strategi untuk meningkatkan kinerja operasi. Setelah mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu memahami dan menerapkan konsep dan prinsip manajemen operasi dalam pengelolaan proses bisnis yang efektif dan efisien.

2. Manajemen Rantai Pasokan 

Mata kuliah Manajemen Rantai Pasokan merupakan mata kuliah pilihan pada konsentrasi Manajemen Operasional dan Produksi. Mata Kuliah ini bertujuan untuk memberikan wawasan tentang konsep dan strategi manajemen rantai pasokan serta alat analisis yang diperlukan untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan rantai pasokan.  Materi Pembelajarannya meliputi,  Pengenalan terhadap rantai pasokan, Kinerja Rantai Pasokan, Pendorong dan Matriks Strategi, Mendesain Jaringan Distribusi dan aplikasinya pada e-Business, Desain Jaringan pada Rantai Pasokan, Desain Jaringan pada Lingkungan yang Tidak Pasti, Peramalan Permintaan pada Rantai Pasokan, Merencanakan Penawaran dan Permintaan pada Rantai Pasokan, Mengelola Skala Ekonomis pada Rantai Pasokan, Mengelola Ketidakpastian pada Rantai Pasokan, Menentukan Tingkat Ketersediaan Produk yang Optimal, Transportasi pada Rantai Pasokan, Keputusan Sourcing pada Rantai Pasokan, Manajemen risiko pada sourcing Pricing dan Manajemen Pendapatan pada Rantai Pasokan, Teknologi Informasi pada rantai Pasokan, Koordinasi pada Rantai Pasokan.

Mata kuliah manajemen rantai pasokan bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang konsep dan strategi dalam manajemen rantai pasokan, mulai dari perencanaan dan pengendalian produksi hingga pengiriman produk ke konsumen akhir. Mahasiswa akan mempelajari bagaimana membangun dan mengelola jaringan rantai pasokan yang efektif dan efisien dengan mempertimbangkan berbagai faktor seperti biaya, risiko, dan kebutuhan pelanggan. Selain itu, mahasiswa juga akan mempelajari teknologi dan sistem informasi yang digunakan dalam manajemen rantai pasokan serta cara mengoptimalkan kinerja rantai pasokan melalui analisis data dan pengambilan keputusan yang tepat. Setelah mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan dapat memahami pentingnya manajemen rantai pasokan dalam mencapai keunggulan bersaing dan mempersiapkan diri untuk menghadapi tantangan dalam industri global yang semakin kompleks.

3. Manajemen Operasi Internasional

Mata kuliah ini mempelajari tentang faktor-faktor lingkungan eksternal dan pengelolaan sumber daya internal dalam aktivitas perusahaan yang bergerak secara internasional. Pokok pembahasan diantaranya meliputi faktor pendorong dan penghambat aktivitas perusahaan menuju internasional,tahapan perkembangan perusahaan mulai dari perusahaan domestik, ekspor, multinasional, global dan transnasional; serta pengelolaan aktivitas manajemen produksi internasional, manajemen pemasaran internasional, manajemen SDM internasional dan cara pembayaran dalam transaksi dagang internasional. Bahan kajian secara detailnya meliputi, Kekuatan utama yang mendorong aktivitas manajemen internasional, Kekuatan utama yang menghambat aktivitas manajemen internasional, Orientasi Dasar Menuju Internasional, Tahap perkembangan perusahaan menuju internasional, Teori Merkantilisme, Teori Keunggulan Absolut, Teori Keunggulan Komparatif, Teori Siklus Hidup Produk Internasional, Teori Investasi Internasional, Teori Keunggulan Kompetitif, Pengertian sistem moneter internasional, Sejarah perkembangan sistem moneter internasional, Sistem penetapan kurs mata uang, Fenomena Aktual Ekonomi Internasional Dimensi perekonomian utama Dan Pengaruhnya Terhadap Aktivitas Manajemen Internasional, Kekuatan dalam sistem politik yang berpengaruh pada aktivitas manajemen internasional, Analisis makro Budaya Internasional, Analisis mikro Budaya Internasional, Kerjasama Ekonomi Regional, Kerjasama Ekonomi Antar Regional, Perancangan global campuran, Ekspor, Sistem kontraktual, Investasi Langsung, Segmenting, Targeting Dan Positioning Dalam Pasar Global, Manajemen Produk dan Jasa Global, serta Manajemen Distribusi Global. 

Mata kuliah Manajemen Operasi Internasional bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang strategi dan taktik operasi global dalam mengelola rantai pasokan dan bisnis internasional. Mahasiswa akan mempelajari cara memanajemen kegiatan operasional di negara asing, seperti manajemen produksi, logistik, dan distribusi internasional. Selain itu, mahasiswa juga akan mempelajari tentang isu-isu khusus yang terkait dengan manajemen operasi internasional, seperti keamanan, risiko politik, lingkungan global, dan keanekaragaman budaya. Setelah mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan dapat mengembangkan kemampuan dalam mengelola operasi bisnis global secara efektif dan efisien.

4. Warehousing Management 

Mata kuliah ini membahas manajemen logistik terpadu dan proses logistik, komponen sistem logistik baik prasarana transportasi maupun administrasi transportasi, standarisasi, unsur-unsur penyimpanan dan penanganan bahan dalam pengadaan barang-barang logistik, teknik operasi, administrasi dan organisasi sistem logistik, serta manfaat JIT strategi dalam proses logistik. Materi Pembelajaran Manajemen Logistik Terpadu. Komponen Sistem Logistik Unsur-unsur penyimpanan dan penanganan bahan Instansi yang terkait proses logistik Warehouse Management JIT Strategy Standarisasi, simplifikasi dan coding, Cuctomer Service dalam proses logistik Supply Chain Management Outsourcing dalam material logistik Bill of lading dan Incoterm Teknik Operasi Administrasi dan organisasi sistem logistik Dimensi Perubahan.

Mata kuliah Warehousing Management bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang manajemen pergudangan secara efektif dan efisien dalam memenuhi kebutuhan bisnis. Target pembelajaran dari mata kuliah ini adalah mahasiswa mampu memahami pentingnya peran pergudangan dalam manajemen rantai pasok, merencanakan dan mengembangkan desain gudang yang optimal, mengelola sistem inventarisasi dengan efektif, mengimplementasikan teknologi informasi dalam pengelolaan pergudangan, serta memahami dan mampu mengatasi masalah-masalah yang muncul dalam operasi pergudangan. Selain itu, mahasiswa juga diharapkan dapat mengembangkan kemampuan analisis dan strategi untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas operasi pergudangan secara keseluruhan.

5. Manajemen Teknologi dan Pengembangan Produk Baru 

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah dasar (wajib) pada progam studi S-1 Manajemen. Mata Kuliah ini membahas tentang Bisnis (perusahaan), peran, dan berbagai faktor lingkungan yang berpengaruh terhadap bisnis, Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (CSR)  serta pelaksanaan aktivitas manajemen di perusahaan atau organisasi. Mata kuliah ini ditekankan pada pembahasan mengenai konsep dasar dan ruang lingkup manajemen dan organisasi serta konsep dasar dan fungsi-fungsi utama (operasional) bisnis yang meliputi  sumber daya manusia, pemasaran, keuangan dan operasi. Materi Pokoknya meliputi, Pendahuluan dan tujuan mempelajari konsep teknologi tugas ilmu, agama dan seni dalam krisis poros sejarah, Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di dunia dan di Indonesia, Ilmu pengetahuan dan teknologi untuk kelangsungan hidup manusia, Krisis metafisis dalam ilmu pengetahuan inovasi teknologi daya saing, Perencanaan teknologi dan daur hidup, Teknologi transfer, Teknologi industri manufaktur dan industri jasa.

Mata kuliah Manajemen Teknologi dan Pengembangan Produk Baru bertujuan untuk mengajarkan mahasiswa tentang teknik dan strategi dalam mengembangkan produk baru secara efektif. Target pembelajarannya meliputi pemahaman tentang konsep dasar manajemen teknologi dan inovasi, penentuan strategi pengembangan produk baru, pengelolaan proses inovasi, identifikasi peluang pasar, analisis risiko, manajemen proyek, dan pengukuran kinerja inovasi. Diharapkan setelah mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa mampu mengaplikasikan konsep dan teknik yang telah dipelajari untuk merancang, mengembangkan, dan meluncurkan produk baru yang inovatif, serta dapat memahami pentingnya manajemen inovasi dalam meningkatkan daya saing perusahaan.

6. Manajemen Operasi Jasa

Mata kuliah ini memberikan suatu kerangka perspektif dan pemahaman peran sektor jasa dalam bisnis, membangun strategi dan keunggulan kompetitif perancangan produk jasa hingga pengelolaan kualitas jasa. Setelah menyelesaikan mata kuliah ini diharapkan mahasiswa mampu memahami peranan jasa dalam perekonomian, pergeseran dari pertanian, industri hingga industri jasa dan berbagai bisnis jasa serta inovasi trend sosia dan tantangan dalam industri jasa. Bahan kajiannya meliputi, Konsep jasa dan interaksi pelaku industri jasa, Peran jasa dalam perekonomian, Strategi-strategi dalam bisnis sektor jasa, Proses pengembangan jasa baru, Merancang cetak biru operasi jasa, Proses jasa dari dimensi divergen dan kompleksitas, Klasifikasi operasi jasa sesuai taksonomi proses-proses jasa, Perbandingan pendekatan generik rancangan sistem jasa, Teknologi dalam proses jasa, Rancangan kualitas jasa, Peran kendali sistem organisasi dalam pemberdayaan, Rantai keuntungan dalam jasa untuk menciptakan pertumbuhan pendapatan dan keuntungan, Servicescape, Rancangan fasilitas, Layout fasilitas, Model forecasting, Model time series, Model trend, Strategi mengelola permintaan, Strategi mengelola kapasitas, Teori antrian, Supply chain management, Hubungan pasokan jasa, Pertumbuhan domestik dan strategi ekspansi, Franchising, Global strategi  jasa, serta Telaah referensi riset bidang industri jasa.

Mata kuliah Manajemen Operasi Jasa bertujuan untuk mengajarkan mahasiswa tentang manajemen operasi pada industri jasa. Target pembelajaran dari mata kuliah ini antara lain adalah mahasiswa dapat memahami perbedaan antara operasi jasa dan operasi manufaktur, mampu mengidentifikasi elemen penting dalam manajemen operasi jasa seperti kualitas pelayanan, produktivitas, dan kinerja karyawan, serta mampu mengaplikasikan teknik-teknik manajemen operasi dalam industri jasa seperti pengukuran kinerja, perencanaan produksi, pengaturan persediaan, dan analisis risiko. Selain itu, mahasiswa juga diharapkan dapat memahami karakteristik konsumen jasa dan cara memenuhi kebutuhan serta harapan mereka melalui manajemen operasi yang efektif dan efisien. Setelah mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan dapat mengaplikasikan konsep dan teknik manajemen operasi dalam industri jasa dan mempersiapkan diri untuk menjadi profesional yang kompeten di bidang tersebut.

7. Production Planning and Inventory Control (PPIC)

Pada akhir perkuliahan mahasiswa dapat memahami, mempraktekkan, dan menganalisa sistem mutu yang dijalankan pada perusahaan.

8. Green Operation Management

Mata kuliah ini memberikan suatu kerangka perspektif dan pemahaman konsep, teori, dan philosophi dalam manajemen operasi yang bertujuan untuk mendukung kinerja operasi yang memberikan kontribusi pada strategi keunggulan kompetitif SBU untuk menciptakan bisnis yang effektif. Mata kuliah ini membahas konsep, teori dan philosophi dalam manajemen operasi serta praktek implementasi dalam bisnis dari pendekatan studi empiris maupun praktek bisnis.

 
Konsentrasi Manajemen Sumber Daya Manusia :
1. Seminar Manajemen Sumber Daya Manusia

Mata kuliah ini merupakan konsep dasar untuk memahami penelitian pada bidang SDM.

2. Manajemen Kinerja Sumber Daya Manusia

Mata kuliah ini merupakan pembelajaran untuk menganalisis, mendesain dan mengembangkan Manajemen Kinerja dalam imlementasi sistem metode Evaluasi Kinerja khususnya tentang prinsip dasar dan standar Evaluasi Kinerja serta proses Kinerja organisasi itu sendiri yang berlaku dan terjadi di lingkungan perusahaan dan pemerintah.

3. Manajemen Talenta

Mata kuliah manajemen sumber daya manusia strategis dapat dianggap sebagai suatu pendekatan terhadap pengelolaan sumber daya manusia yang memberikan kerangka strategis untuk mendukung tujuan dan hasil bisnis jangka panjang. Pendekatan ini berkaitan dengan isu-isu orang jangka panjang dan perhatian umum tentang struktur, kualitas, budaya, nilai-nilai, komitmen dan sumber daya yang cocok untuk kebutuhan masa depan.

4. Manajemen Kompensasi

Mata kuliah ini merupakan pengkhususan di bidang manajemen sumber daya manusia yang membahas tentang model, konsep dan pendekatan untuk merancang, menyusun dan merumuskan rencana kompensasi untuk karyawan pada suatu perusahaan.

5. Manajemen Sumber Daya Manusia Lintas Budaya

Mata kuliah ini mempelajari cara  menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik, mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat, dan pihak pemangku kepentingan lainnya baik di dalam maupun di luar lembaganya, mampu berkomunikasi secara efektif pada berbagai level organisasi dan lintas fungsional, menguasai konsep ilmu ekonomi dan ilmu manajemen serta metode dan perangkat    analisis fungsi-fungsi manajemen dan fungsi-fungsi perusahaan pada berbagai jenis organisasi, menguasai prinsip-prinsip dan teknik komunikasi lintas fungsi, organisasi, dan budaya, menguasai pengetahuan tentang berbagai regulasi yang berdampak pada organisasi, baik di tingkat lokal, nasional, maupun internasional.

6. Manajemen Pelatihan dan Pengembangan

Matakuliah ini memberikan bekal pada peserta untuk memahami dan mengoperasikan program pelatihan dan pengembangan sebagai salah satu fungsi manajemen SDM baik secara strategis maupun operasional. Dalam matakuliah ini dilakukan review terhadap fungsi-fungsi MSDM, peran strategis program pelatihan dan pengembangan, dan mendiskusikan berbagai kasus dan desain program pelatihan dan pengembangan.

7. Manajemen Karir

Mata kuliah ini merupakan pengkhususan di bidang manajemen sumber daya manusia yang membahas tentang model, konsep dan pendekatan untuk merancang, menyusun dan pengaplikasian  pengembangan karir untuk individu  dan organisasi.

8. Hubungan Industrial

Mata  kuliah hubungan  industrialini  mempelajari  pekerjaan  manajer  dalam memanajemen hubungan  industrial.  Dengan demikian  pekerjaan  manajer  yang  dijadikan  pokok  pembahasan  mata  kuliah hubungan  industrial ini adalah memanajemen hubungan industrial yaitu memanajemen hubungan pengusaha, pekerja, dan pemerintah.

 
Konsentrasi Manajemen Keuangan :
1. Seminar Manajemen Keuangan

Mata kuliah ini merupakan konsep dasar untuk memahami penelitian pada bidang keuangan.

2. Analisis Kredit dan Pembiayaan 

Mata kuliah ini membahas aspek aspek yang di analisis guna menyusun proposal kredit, mulai dari pengenalan produk perkreditan atau pembiayaan, analisis 5 C’s , analisis faktor faktor fungsional dari manajemen calon debitur, analisis aspek legal serta praktek penyusunan proposal kredit.

3. Manajemen Keuangan Internasional

Mata kuliah ini merupakan pembelajaran tentang keuangan internasional pada MNC, SWAP dan Hearding.

4. Perbankan Syariah 

Mata kuliah ini membahas tentang : Islam, perbankan dan perkembangan perbankan syariah, identifikasi transaksi haram, Teori pertukaran dan teori percampuran, jenis produk perbankan syariah, akad akad di perbankan syariah, cost and pricing perbankan syariah dan manajemen risiko bank syariah.

5. Manajemen Kontrak Berjangka dan Kontrak Turunan

Mata kuliah ini merupakan konsep dasar untuk memahami penelitian pada bidang keuangan.

6. Manajemen Hutang dan Aset

Mata kuliah ini berusaha menjelaskan kerangka kerja manajemen asset dan liabilitas meliputi diantaranya; pendekatan ALMA, strategi ALMA, manajemen likuiditas, manajemen investasi, manajemen gap, manajemen kredit, manajemen sumber dana, manajemen tingkat suku bunga, manajemen transaksi derevatif, manajemen  modal, tingkat kesehatan lembaga keuangan.

7. Manajemen Investasi

Mata kuliah Manajemen Investasi memberikan pemahaman tentang Investasi (khususnya investasi pada Financial Assets) dan bidang-bidang yang terkait di dalamnya. Bahasan mengenai investasi dimulai dengan memberikan pemahaman tentang investasi, tujuan investasi, dan alternatif-alternatif/bentuk-bentuk investasi. Selanjutnya dipelajari bagaimana menghitung return dan risiko dari investasi baik untuk investasi aktiva tunggal maupun untuk investasi portofolio. Di sini dibahas berbagai teori yang berkenaan dengan proses pengambilan keputusan investor untuk membeli atau menjual surat berharga, baik saham, obligasi, maupun derivative securities.

8. Laboratorium Pasar Modal

Mata kuliah ini menyajikan materi-materi mengenai teori manajemen investasi  serta pengertian dan implementasi pasar modal di Indonesia dan di dunia.  

 
Konsentrasi Kewirausahaan : 
1. Start-Up Bisnis 

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah kelanjutan dari Dasar Entrepreneurship yang dapat memberikan mahasiswa pengetahuan dan pengalaman praktis mengenai bagaimana memulai dan membangun usaha baru, dimana mahasiswa diharapkan mampu mengelola ide kreatif mereka untuk dapat memulai usaha baru dan menggunakan kemampuan teknologi dalam menjalankannya.

2. Pengembangan Model Bisnis 

Mata kuliah ini mempelajari tentang segala aspek dan mekanisme yang harus dibangun dan disiapkan agar mahasiswa mempunyai kemampuan untuk mengidentifikasi peluang dan risiko tersebut, serta memiliki kepercayaan diri dan pola pikir yang tepat. Mata kuliah ini juga membahas tentang rancangan bisnis/kewirausahaan dan tahapan pengembangan usaha serta perkembangannya, memahami teori kesesuaian sebagai kunci keberhasilan.

3. Family Enterprise Management

Mata kuliah Kewirausahaan adalah mata kuliah etos dasar bagi mahasiswa yang bertujuan menanamkan sikap mandiri, kerjasama dan memiliki kemampuan membaca potensi diri dan lingkungan, sesuai perkembangan jaman.

4. Social Enterprise Management

Mata kuliah manajemen social enterprise merupakan mata kuliah yang membahas tentang

merek, sistim bisnis, perjanjian, jenis-jenis social enterprise, keunggulan dan kelemahan social enterprise, peluang usaha dari social enterprise, pedoman mesocial enterprisekan usaha, dan membangun SDM di bisnis franchise.

5. Franchising and Distribution

Mata kuliah ini terdiri 3 SKS praktik yang didahului dengan teori sebagai pengantar. Mata kuliah ini membahas tentang pengertian, konsep, perkembangan industri waralaba di Indonesia, cara membuat usaha menggunakan sistem waralaba, analisis usaha waralaba, menghitung keuntungan, konsep dan strategi pemasaran usaha waralaba, dan menyusun bisnis plan usaha waralaba.

6. Managing Innovation

Mata kuliah ini membahas tentang konsep dan teori manajemen inovasi, mengelola kreativitas, sumber dan pemetaan inovasi, inovasi dan risiko, inovasi produk, inovasi jasa, manajemen inovasi dan teknologi , komersialisasi dan transfer teknologi, inovasi hijau, inovasi terbuka, dan manajemen inovasi pada usaha kecil dan menengah.

7. Entrepreneur Finance

Ruang lingkup mata kuliah  Kewirausahaan membahas tentang kewirausahaan meliputi konsep dasar tentang wirausaha, alternatif usaha, karakteristik pribadi seorang pemimpin bidang kewirausahaan, ide/bentuk usaha, issue peluang usaha di bidang perencanaan, promosi, pemasaran. Manfaat yang diperoleh setelah menempuh mata kuliah kewirausahaan ini, mahasiswa mampu  mengerti ,  memahami  dan mempraktekkan konsep dasar tentang wirausaha dan karakteristik pribadi seorang wirausaha sehingga mampu mengidentifikasi peluang usaha. Berdasarkan hal tersebut mahasiswa mampu bekerjasama dalam mengaplikasikan konsep wirausaha dengan cara membuat perencanaan, melakukan promosi dan pemasaran dan menyesuaikan diri dengan cepat di lingkungan kerja.

8. Customer Development

Mata kuliah ini membahas tentang organisasi dan perubahannya sesuai dengan fenomena lingkungan yang harus dikelola dengan benar. Dalam upaya mengelola organisasi ini terdapat tiga dimensi yang harus dicermati yaitu ”mengapa orang betrorganisasi (why), ”apa” sesungguhnya esensi dari perubahan (what), dan ”bagaimana sebaiknya perubahan dikelola (how)”.

9. Global Entrepreneurship

Mata kuliah ini di desain untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang hakikat kewirausahaan global dan tiga  lingkungan  dimana  bisnis  internasional  dilakukan;  Pentingnya  organisasi-organisasi  internasional  serta bagaimana mereka mempengaruhi bisnis di level internasional; Kekuatan-kekuatan yang tidak bisa dikendalikan yang bekerja di semua lingkungan bisnis internasional; Bagaimana cara manajer berurusan dengan seluruh kekuatan yang mempengaruhi bisnis.

Semester #8

  • Skripsi